Wabup Tomy Satria; Produk Lokal Bulukumba Harus Dipajang di Indomaret – FAJAR sulsel
News

Wabup Tomy Satria; Produk Lokal Bulukumba Harus Dipajang di Indomaret

BULUKUMBA, UPEKS – Produk- produk terkenal yang selama ini dipajang di Indomaret seharusnya menjadi tantangan kita bagaimana produk-produk lokal Bulukumba juga bisa terpajang di retail-retail yang ada di Bulukumba.

Demikian penegasan dan harapan Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto saat membuka Seminar UMKM Menuju Pasar Bebas yang digelar PT.Indomaret yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati, Selasa (31/1/17).

Dikatakannya, pelaku usaha di Bulukumba harus menjemput bola, bagaimana agar bisa produk lokal Bulukumba dikembangkan lebih luas. Bulukumba memiliki keripik hasil usaha dari Pencinta Peduli Desa, ada gula semut dari Bontonyeleng, nuget di Desa Batang, dan Kopi Kahayya di Desa Kahayya.

“Selama ini belum terlalu berkembang karena belum ada akses yang lebih luas. Kami berharap Indomaret dapat membuka ruang bagaimana sektor sektor produk lokal Bulukumba di di fasilitasi hadir di Indomaret,” harap Tomy Satria.

Dihadapan ratusan peserta yang terdiri rata- rata pengusaha muda, Tomy Satria menantang para generasi muda untuk berjiwa entrepreneurship.Tomy mengaku bahwa pemerintah daerah siap menfasilitasi selama proposal dari usaha tersebut clear (baca: dapat dilaksanakan dan terukur).

“Pemkab telah melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan untuk mengidentifikasi pelaku- pelaku usaha yang membutuhkan modal untuk difasilitasi di Perbankan. Saya juga berharap dinas terkait menfasilitasi peningkatan kualitas produk dengan menfasilitasi urusan label halalnya, izin kemenkesnya atau dari Badan POM,” jelas mantan Wakil Ketua DPRD ini.

Materi seminar dengan tema “Meningkatkan Produktifitas UMKM Melalui Inovasi dan Kreatifitas” dibahas adalah terkait dengan regulasi, sertifikasi halal dari MUI, PIRT Kemenkes dan BPOM. Selain itu materi tentang Standarisasi kesehatan makanan dan minuman serta bahan pengawet. (sufri).

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top