4 Cara yang Benar Mengatasinya Telinga yang Kemasukan Air – FAJAR sulsel
Kesehatan

4 Cara yang Benar Mengatasinya Telinga yang Kemasukan Air

FAJAR HEALTH – Anda pasti pernah mengalami yang namanya kemasukan air pada telinga. Kemasukan air umumnya terjadi saat berenang, mandi atau beberapa penyebab lainnya.

Biasanya, air yang terperangkap dalam telinga dapat hilang dengan sendirinya, namun ketika terlalu lama berada di dalam telinga, dapat menyebabkan infeksi, selain menyebabkan perasaan tidak nyaman dan gangguan pendengaran.

Lalu apa yang biasanya anda lakukan jika mengalami hal ini? Kebanyakan orang biasanya akan mengorek telinganya menggunakan pulpen, jari, penjepit rambut atau cotton bud. Padahal, semua cara di atas sangat tidak dianjurkan.

Ada beberapa cara mengeluarkan air yang benar yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Berikut seperti diambil dari laman Medical News Today:

1. Menarik atau menggoyangkan daun telinga
Menarik-narik atau menggoyangkan daun telinga sambil mengarahkan telinga ke arah bawah adalah salah satu solusi untuk masalah ini. Anda juga bisa menggoyangkan kepala dari sisi satu ke sisi lainnya.

2. Menggunakan teknik sedot
Anda dapat menyedot air yang terjebak dengan mengarahkan telinga anda ke bawah, lalu gunakan telapak tangan anda untuk menutupi daun telinga. Dengan memberi tekanan pada telinga, anda dapat memaksa air yang terperangkap keluar.

3. Mengeringkan dengan hair dryer
Anda dapat menyingkirkan air yang terperangkap dengan cara menggunakan hair dryer lho. Gunakan hair dryer setidaknya pada jarak 30 cm dari telinga. Sambil menghadapkan telinga yang terdampak ke bawah, gunakan hair dryer untuk mengeringkan air yang terperangkap.

4. Gunakan hidrgen peroksida
Mencampur hidrogen peroksida dengan air dapat membantu anda mengatasi masalah ini. Teteskan kombinasi keduanya (3-4 tetes) dan tunggu sekitar 2 hingga 3 menit miringkan kepala dan biarkan cairan yang terperangkap keluar dengan sendirinya.

(Fajar)

Original Article

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top