Boting Harapkan Skala Prioritas Terealisasi – FAJAR sulsel
News

Boting Harapkan Skala Prioritas Terealisasi

PALOPO — Kelurahan Boting, Kecamatan Wara, Kota Palopo telah menggelar Musrenbang tingkat Kelurahan yang diadakan di aula Kelurahan Boting pada 18 Januari 2017 lalu. Musrenbang tingkat kelurahan dihadiri oleh pihak Pemkot Palopo, pihak Kecamatan, Bappeda, pihak Dinas Kesehatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan wanita.

Lurah Boting, Naima Daud menyampaikan setiap proses penyusunan dokumen rencana pembangunan memerlukan koordinasi antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan.

“Untuk itu, melalui mekanisme Musrenbang tingkat kelurahan ini, kita susun rencana pembangunan untuk Kelurahan Boting di tahun 2018,” katanya Palopo Pos, Selasa 31 Januari 2017 kemarin.

Yang mana usulan-usulan atau rencana pembangunan tersebut selanjutnya akan dibawa ke Musrenbang tingkat Kecamatan, dan terus disempurnakan pada forum SKPD dan berakhir di Musrenbang tingkat Kota Palopo.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan kegiatan musyawarah pembangunan ini merupakan salah satu wahana yang efektif untuk memaduserasikan perencanaan bottom up dengan perencanaan yang bersifat top down.

Sehingga diharapkan mampu menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap anggota masyarakat mengembangkan kemampuan dan kreatifitasnya didalam bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

“Dalam kondisi seperti ini, kami berharap masyarakat dapat terus terlibat secara bersama-sama dalam proses pembangunan mulai dari membuat konsep, merencanakan, melaksanakan, mengawasi dan memelihara hasil-hasil pembangunan sesuai prinsip-prinsip pembangunan partisipatif,” ujarnya.

Pihak Kelurahan Boting juga mengharapkan agar pada tahapan Musrenbang Tingkat Kelurahan ini, menjadi tahapan penentuan prioritas usulan program atau kegiatan dari masing-masing RT/RW. Serta pengklasifikasian usulan program atau kegiatan masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Usulan program atau kegiatan yang prioritas tersebut seharusnya bisa dikelompokkan menjadi lebih spesifik lagi. Misalkan dikelompokkan dalam prioritas-prioritas program yang sangat mendesak untuk dilaksanakan. Karena jika tidak segera dilaksanakan akan membawa dampak yang akan mengakibatkan kerugian langsung yang lebih besar pada masyarakat.

Adapun usulan skala prioritas dalam pelaksanaan Musrenbang tingkat Kelurahan Boting sebanyak 10. Baik itu dalam bentuk kegiatan fisik ataupun non fisik. Usulan fisik yang diprioritaskan seperti, drainase, jalan setapak, jembatan gantung. Sedangkan untuk prioritas non fisik seperti bantuan pembinaan kelompok majelis taklim, pembinaan PKK dan Dasawisma kelurahan dan bantuan untuk industri rumah tangga.

“Kami berharap semua usulan prioritas ini baik fisik maupun non fisik dapat terakomodir semuanya,” harapnya.(rp1/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top