BRI Porsir Kredit Usaha Mikro – FAJAR sulsel
News

BRI Porsir Kredit Usaha Mikro

Capai Rp5,3 Triliun

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Banyak yang meramalkan ekonomi di awal tahun 2017 membaik jika dibandingkan tahun lalu. Olehnya itu, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Wilayah (Kanwil) Makassar, memperbesar porsi Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun 2017 ini dengan menyasar kredit usaha mikro.

Wakil Pemimpin Wilayah BRI Makassar, Primartono Gunawan, mengatakan, porsi kredit pada tahun 2017 meningkat hingga Rp6 triliun. Dimana tahun sebelumnya terserap di posisi Rp5 triliun.

Target tahun ini naik 103% dari target tahun lalu. Menurutnya, besarnya target pembiayaan tersebut, lantaran perbankan diminta fokus membiayai sektor usaha mikro, agar mengalami pertumbuhan signifikan.

“Dari total KUR sebesar Rp6 triliun, porsi kredit ke segmen usaha mikro sepertinya akan mendominasi pinjaman hingga Rp5,3 triliun,” ucapnya, kepada Upeks, Selasa (31/1/17).

Dia menjelaskan, tak hanya dari segmen mokro namun untu segmen ritel, kata Primartono, pihaknya menargetkan dikisaran Rp700 miliar. Menurutnya, kenaikan porsi KUR lantaran segmen usaha kecil mulai tumbuh.

Untuk sektor sendiri, BRI tetap fokus pada sektor unggulan Sulsel, seperti pertanian, perikanan, perdagangan dan UMKM.
“Di lapangan, kantor cabang dan BRI unit sudah mulai realisasi sejak 23 Januari. Kredit sudah jalan mesti belum ada jatah dari kantor pusat,” bebernya.

Sementara, Pemimpin BRI Wilayah Makassar, Ngatari, menambahkan, tahun lalu ada 180 ribu nasabah mendapat jatah KUR.
Selain itu, lanjutnya, persentase kredit macet KUR BRI Sulsel cukup rendah. Menurut Ngatari, persentasenya masih di bawah angka satu persen, dari total KUR yang disalurkan ke Sulsel.

“Kredit macet rendah, ini menandakan KUR bisa meningkatkan produktivitas usaha kecil,” bebernya. (nda/suk)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top