Bupati Akan Manfaatkan Balai Diklat BPK RI – FAJAR sulsel
News

Bupati Akan Manfaatkan Balai Diklat BPK RI

MALILI--Bupati Luwu Timur (Lutim) HM Thorig Husler, mengatakan akan memanfaatkan Balai Diklat BPK RI Perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel) yang baru saja diresmikan.

Menurutnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lutim terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM Keuangan Pemerintah sebagai bentuk transparansi sekaligus juga agar predikat opini WTP dapat terus dipertahankan.

Hal tersebut disampaikan Bupati usai mengikuti Peresmian Gedung Balai Diklat Badan Pemeriksa Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sulawesi Selatan yang berlokasi di Kelurahan Romang Polong, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, belum lama ini.

Peresmian gedung Balai Diklat BPK RI ini dilakukan langsung Ketua BPK RI Bapak Harry Ashar Azis ditandai dengan penandatanganan prasasti yang turut disaksikan oleh Gubenur Sulawesi Selatan H. Syahrul Yasin Limpo, Anggota DPR RI Kepala Pusdiklat BPK RI, Dwi Setiawan Susanto,Kepala Perwakilan BPK RI Povinsi Sulawesi Selatan Andi Kangkung Lologau.

Acara ini juga turut dihadiri Ketua DPRD Sulawesi Selatan H. M. Roem Anggota BPK RI VI Bahrullah Akbar, Para Gubernur di Wilayah Timur Indonesia dan para kepala daerah se Provinsi Sulawesi Selatan.

Untuk diketahui, Gedung Balai Diklat yang akan menjadi Pusat Pengembangan Kompetensi Pemeriksa Keuangan Negara di Indonesia Wilayah Timur ini terdiri dari tiga gedung utama, gedung pertama berlantai enam merupakan gedung perkantoran Diklat dan gedung kedua berlantai empat dengan luas merupakan gedung asrama/mess peserta Diklat serta dilengkapi dengan gedung sarana ibadah.

Ketua BPK RI, Harry Azhar Azis dalam sambutannya pembangunan gedung Balai Diklat BPK sebagai wujud dukungan BPK pada profesionalisme dan kompetensi SDM Pemeriksa Keuangan Negara.

“Dengan adanya gedung Balai Diklat BPK RI Makassar yang berlokasi di Gowa ini diharapkan dapat dimanfaatkan sehingga dapat meningkatkan kualitas kinerja para aparatur BPK khususnya di Kawasan Timur Indonesia,” tegas Harry.

Harry juga menambahkan, Keberadaan Balai Diklat ini tidak hanya ditujukan untuk pengembangan kompetensi pemeriksa (auditor) BPK di seluruh Indonesia, tetapi juga dapat mencakup pengembangan kompetensi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) diseluruh Indonesia.

Dalam acara peresmian tersebut juga diringi seminar dengan tema ” Tantangan Organisasi terhadap pembangunan SDM Pemeriksa Keuangan Negara” di Auditorium Balai Diklat dengan narasumber Ketua BPK RI, Anggota BPK RI, Gubernur Sulawesi Selatan, Kepala Lembaga Administrasi Negara(LAN) dan Anggota DPR RI.(rls/ded)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top