Fenomena Awan Menggulung Hebohkan Warga – FAJAR sulsel
News

Fenomena Awan Menggulung Hebohkan Warga

POLMAN,UPEKS.co.id — Fenomena munculnya awan gulung atau glory cloud di kawasan Pantai Bahari, Kecamatan Polewali, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menghebohkan warga di sekitar pantai Polewali, Senin (30/1).

Awan yang muncul sekitar pukul 06.00 Wita itu sempat diabadikan warga sekitar, baik rekaman video maupun foto. Sejumlah video dan foto itu banyak beredar di dunia maya stelah beberapa warga mengunggahnya ke jejaring media sosial.

Berdasarkan keterangan dari petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Majene, Prakirawan, fenomena alam tersebut disebut awan gulung (Glory cloud) terjadi karena adanya pertemuan antara angin dari darat dan angin dari laut.

“Fenomena ini dikenal dengan istilah gulungan awan yang membentang luas dengan jarak ketinggian yang sangat rendah sekitar pukul 06.00 pagi. beberapa orang yang melihat peristiwa tersebut kemudian mengambil gambar serta memposting beberapa gambar melalui Facebook. Hanya saja di wilayah Sulbar fenomena ini baru kali ini terjadi,”kata Prakirawan, Selasa (31/1).

Prakirawan juga mengatakan, munculnya fenomena awan yang juga kerap disebut morning glory cloud itu bisa berdampak pada kondisi cuaca.

“Biasanya dampaknya akan turun hujan sedang dan lebat disertai dengan angin kencang, kemudian kami juga menghimbau kepada para nelayan untuk tetap waspada cuaca buruk hingga 4 hari ke depan,” katanya.(ali/arf)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top