Kaitan Antara Depresi dan Resiko Penyakit Jantung – FAJAR sulsel
Kesehatan

Kaitan Antara Depresi dan Resiko Penyakit Jantung

FAJAR HEALTH – Memiliki index massa tubuh yang sehat dan kadar kolesterol yang sehat tidak serta merta menandakan anda aman dari resiko penyakit jantung.

Depresi, seperti dilansir MensHealth.com, disebut menebar ancaman yang sama dengan obesitas dan kolesterol tinggi, sebagaimana hasil temuan studi yang dirilis pada jurnal Atherosclerosis.

Konklusi tersebut merupakan hasil dari analisa data 3500 pria antara usia 47 hingga 74 tahun dalam kurun 10 tahun terakhir, yang memfokuskan pada resiko penyakit jantung yang disebabkan oleh depresi, kolesterol tinggi, obesitas, hipertensi, kebiasaan merokok dan diabetes.

Mereka mengambil kesimpulan bahwa kesehatan mental adalah sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Depresi sendiri disebut berperan sebesar 15 persen dari kematian yang disebabkan depresi, dan jika disejajarkan dengan penyebab lainnya, depresi berada pada tingkat yang sama dengan kolesterol tinggi.

Obesitas dan diabetes sendiri masih berada di bawah dengan resiko sebesar 10 persen, rokok sebesar 17 persen dan tekanan darah tinggi sebesar 30 persen.

Kendati menemukan adanya korelasi, pimpinan studi Karl-Heinz Ladwig mengatakan bahwa ada sedikit keraguan tentang resiko penyakit kardiovaskuler dengan depresi itu sendiri.

Sementara menurut American Heart Association (AHA), mereka yang depresi bisa saja kurang memperhatikan nutrisi dan kesehatan fisik mereka.

AHA juga mencatat bahwa depresi bisa menyebabkan meningkatnya kadar kortisol, hormon yang berkaitan dengan stress, yang dapat berdampak buruk terhadap kesehatan kardiovaskuler.(Fajar)

Original Article

loading...
Click to comment
To Top