Makassar Sabet WTN 2016 – FAJAR sulsel
News

Makassar Sabet WTN 2016

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Kota Makassar berhasil menyabet anugrah Wahana Tata Nugraha 2016. Penghargaan diserahkan Wakil Presiden, Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Selasa (3/1/2017).

Juli 2016 lalu, tim penilai Wahana Tata Nugraha (WTN) menginstruksikan penertiban arus lalu lintas pada tiga titik. Titik tersebut, meliputi, Pasar Senggol Jl Cendrawasih, Toko Agung Jl Dr Sam Ratulangi dan Jl Rajawali.

Lokasi tersebut, yakni Pasar Senggol Jl Cenderawasih dan Toko Agung Jl Dr Sam Ratulangi dan Jl Rajawali. Instruksi tersebut dikarenakan ketiga lokasi dinilai semrawut sehingga memicu kemacetan. Penertibannya pun mendesak dilaksanakan.

Kini, kondisi belum berubah signifikan. Misalkan pada Jl Dr Sam Ratulangi, depan Toko Agung. Kemacetan sering terjadi. Pasalnya, kendaraan roda empat selalu parkir di badan jalan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar, Mario Said mengakui kondisi tersebut. Menurutnya, penanganan problem tersebut mengharuskan petugas stanby setiap waktu.

“Harus ditunggui terus, padahal titik-titik lain juga harus ditertibkan,” kata Mario, Selasa (31/1/2017).

Kendati demikian, Mario berupaya maksimal melakukan penertiban. Penertiban yang dilakukan dengan melibatkan aparat kepolisian.

Lanjutkan, penghargaan WTN yang diraih Makassar mengalami peningkatan. Sebelumnya, Makassar hanya meraih WTN bidang lalu lintas.

“Sekarang bidang lalu lintas dan angkutan. Beberapa hal yang diapresiasi karena ada semangat, kemauan kuat untuk melakukan perubahan, perbaikan dan lenataan, seperti di Hertasning, Boelevard yang dilaporkan setiap saat,” katanya.

Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menerima langsung penghargaan WTN ini.

“Alhamdulillah tahun ini, Makassar kembali meraih Piala WTN Penuh Kategori Lalu Lintas dan Angkutan Jalan untuk kota besar dan kota metropolitan tahun 2016,” ungkap Danny, sapaan walikota.

Penghargaan WTN adalah penghargaan yang diberikan melalui penilaian yang dilakukan oleh Tim Penilai Setahun sekali pada Kabupaten/Kota yang terpilih salah satunya adalah Kota Makassar yang dinilai berhasil menata Prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Penghargaan ini adalah penghargaan yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan RI kepada kota-kota besar yang mampu menata transportasi publik dengan baik. (rul/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top