Makassar Tertinggi, Takalar Terendah – FAJAR sulsel
News

Makassar Tertinggi, Takalar Terendah

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Sulsel merilis realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Dimana, sepanjang 2016 lalu investasi sektor ini mencapai Rp3,3 triliun dengan jumlah proyek sebanyak 181.

Kepala BKPMD Sulsel AM Yamin mengatakan, dari total realisasi PMDN itu, terdapat tiga daerah yang realisasi investasinya paling dominan.

Yakni, Kota Makassar dengan jumlah proyek 27 dan nilai investasi Rp598,9 miliar, menyusul Kabupaten Luwu dengan jumlah proyek 4 dan nilai investasi Rp520 miliar, kemudian Tana Toraja dengan jumlah proyek 6 dan nilai investasi Rp458 miliar.

Sedang tiga daerah yang nilai realisasi investasi terendah yakni Toraja Utara dengan jumlah proyek 2 dan investasi Rp400 juta, Bulukumba dengan jumlah proyek 1 dan nilai investasi Rp200 juta, serta Takalar dengan jumlah proyek 1 dan nilai investasi Rp150 juta.

Selain itu, terdapat lima daerah yang tidak memiliki realisasi investasi dari sector PMDN yakni, Kota Parepare, Kabupaten Soppeng, Selayar dan Bantaeng“Kondisi ekonomi global sangat berpengaruh pada ekonomi nasional.

Sehingga membuat kinerja investasi terpengaruh, khususnya sektor PMDN. Tahun 2015, realisasi investasi hampir 60% PMDN mendominasi. Tahun 2016 sektor PMA mendominasi realisasi investasi kita,” ungkapnya, kemarin.

Sementara Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Investasi, BKPMD Sulsel, Indiani Ismu mengatakan, kinerja investasi PMDN sepanjang 2016 lalu memang mengalami penurunan dibanding 2015 yang realisasinya mencapai Rp9,2 triliun.

Menurutnya, berdasarkan data, khusus untuk investasi PMDN, terdapat beberapa sektor yang paling dominan. Diantaranya, listrik, gas dan air senilai Rp486 miliar, industri logam dasar, barang logam, mesin dan elektronik sebesar Rp319 miliar.

Kemudian, industri makanan senilai Rp235 miliar, industri mineral non logam Rp202 miliar, pertambangan senilai Rp198 miliar.(eky/rif)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top