Manpower Planning Dalam Perusahaan – FAJAR sulsel
News

Manpower Planning Dalam Perusahaan

Eko Imam Satoto (IMAM)- Konsultan Bisnis & Training

Manpower Planning atau perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah suatu hal yang amat terpenting dalam sebuah perencanaan dan pengembangan bisnis atau perusahaan. Mengapa hal ini di anggap penting?

Baik saat mengawali bisnis baru maupun bisnis yang sudah berjalan, perencanaan SDM pasti dilaksanakan. Hanya saja biasanya ketika bisnis baru dimulai. SDM di anggap bisa dikerjakan sendiri, jikka perusahaan yang sudah berjalan dengan jumlah SDM yang tersedia, maka Manpower Planning dapat dilaksanakan dengan merancang kembali job dis dan program kerja SDM dari tahun lalu.Beberapa hal yang yang harus diperhatikan dan manfaatnya dalam Manpower Planning dalam perusahaan adalah:

1.Kompentensi yang harus terpenuhi.
Di beberapa perusahaan kompentensi mungkin saja sudah sesuai dengan job dan keahliaannya, tetapi bagi perusahaan yang belum dapat melaksanakan sistem kompetensi biasaya dengan melakukan pendekatan personal, artinya persetujuan langsung orang per orang atas tugas dan tanggung jawabnya. Yang paling sulit adalah penerapan Right men in the right plase, yaitu penempatan pewawai yang kompeten dan tepat posisi dengan keahlian dan ketrampilannya.

2. Akan berpengaruh pada peningkatan efektivitas dan efisiensi perusahaan bila SDM yang tersedia dipandang tidak efektif lagi, maka fungsi manpower planning ini akan mengidentifikasi kembali tentang fungsi, tugas dan peranannya. Kalau ini bisa dilaksanakan maka, disinilah keberhasilannya Manpower planning.

3. Mendorong Terciptanya perilaku proaktif dan fair dalam serangkaian tugas dan tanggung jawab serta keseimbangan porsi hak dan kewajibannya.

4.Dengan Manpower Planning akan terbangunnya sistem informasi SDM yang baik.
Banyak perusahaan yang belum dapat membuat sistem informasi SDM yang akurat dan baik, dikarenakan man power planingnya tidak ada atau tidak berfungsi.

5.Membangun hubungan yang harmonis.
Suasana kerja yang harmonis dapat terjadi dengan dengan lingkungan kerja yang sehat. Sehat yang dimaksudkan adalah sebagai sehat yang sesuai dengan job dan tanggung jawabnya. Sehingga tidak timbul kecemburuan tentang pekerjaan masing masing SDM yang ada. Salam sukses.

Penulis: Konsultan Manajemen Bisnis & HRD, Trainer,
Direktur esakonsultan manajemen Bisnis & HRD
Direktur PPM STIE Amkop-Makassar, Email: esakonsultan8@yahoo.co.id

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top