PKL Kucing-kucingan dengan Satpol PP – FAJAR sulsel
News

PKL Kucing-kucingan dengan Satpol PP

*Masih Soal Penertiban di Jl Ahmad Dahlan

PALOPO — Memasuki hari keempat sejak dilakukannya penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) oleh Satpol PP di Jl Ahmad Dahlan, kondisi di Jl Ahmad Dahlan mulai berangsur tertib. Hanya saja, geliat jual beli di bahu jalan masih terlihat. Rupanya, PKL kucing-kucingan dengan Satpol PP.

Pantauan Palopo Pos, Selasa 31 Januari 2017 kemarin, pedagang buah menjajakan dagangannya. Ada yang menggunakan mobil, ada juga yang memakai lori-lori. Pedagang telur memakai telur juga masih terlihat parkir di bahu jalan.

Terkait hal itu, pihak Satpol PP berdalih kontinu melakukan penertiban. “Penertiban masih terus dilakukan. Penertiban dilakukan pagi-pagi oleh anggota di lapangan,” kata Bagian Staf Satpol PP Kota Palopo, Rusli saat dimintai keterangannya.

Terpisah, Plt Kadis Perdagangan, Amaluddin yang juga diminta keterangannya, menyebutkan, bahwa, kewenangannya menertibkan PKL hanya di pelataran Pusat Niaga Palopo (PNP). “Di bahu jalan adalah kewenangan Tim Gabungan. Dalam hal ini dipercayakan kepada Satpol PP,” sebutnya.

Lanjut dia,”Kemarin saya sudah sampaikan kepada Anggota Dishub, untuk membackup. Kalau Satpol PP sudah kembali, kan tidak ada salahnya Anggota Dishub yang jaga disitu menyampaikan kepada PKL untuk tidak jualan disitu. Dishub kan juga bagian dari Tim Gabunga. Hanya saja, Anggota Dishub terkesan tak mau ambil pusing,” beber Amal.

Tim Gabungan diketuai Plt Setda Palopo, Jamaluddin Nuhung sudah terbentuk. Didalamnya sejumlah instansi dilibatkan. Yakni Satpol PP, Dishub, kepolisian, TNI, Dinas Perdagangan, Kepala Pasar, camat dan lurah. Hanya saja, yang eksis di lapangan hanya beberapa instansi saja.

Seperti diberitakan sebelumnya, baru saja ditertibkan, Pedagang Kaki Lima (PKL) tetap bandel. Mereka kembali menduduki bahu Jl Ahmad Dahlan. Namun kali ini, PKL menggunakan mobil open cup. Pantauan Palopo Pos, Senin 30 Januari 2017 kemarin, pedagang buah, telur dan ayam tetap melakukan aktifitas jual beli.

Di Jl Ahmad Dahlan, bagian sisi kiri dan kanan dipadati PKL. Tetapi itu tadi, mereka rata-rata menempatkan barang dagangannya di atas mobil oben cup. Tidak hanya di Jl Ahmad Dahlan, di pelataran lokasi PNP di Jl Mangga juga terlihat box berisi tumpukan telur.

Plt Kadis Perdagangan Kota Palopo, Amaluddin, saat dikonfirmasi Palopo Pos, mengaku berang melihat kondisi tersebut. Dia mengaku bahwa, kondisi itu sudah dikoordinasikan dengan pihak Satpol PP. Hanya saja, Satpol PP juga punya agenda lain sehingga belum bisa menertibkan PKL di pagi hari.

“Kalau di lokasi PNP, itu masih wewenang Dinas Perdagangan. Namun di lokasi Jl Ahmad Dahlan, itu merupakan wewenang Tim Gabungan Penertipan PKL. Jadi, kami hanya bisa menyampaikan bahwa kondisinya seperti itu kepada Satpol PP,” ucap Amal.

Amal juga mengklaim, bahwa kondisi tersebut tetap akan terjadi jika tidak ada ketegasan. PKL kembali menempati bahu jalan untuk berjualan.

“Kalau di lokasi pelataran PNP, PKL sudah tertib. Sebab, ada petugas pasar yang berjaga di tempat itu,” sebutnya. (ara/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top