SMA 1 Muhammadiyah Terapkan FDS – FAJAR sulsel
News

SMA 1 Muhammadiyah Terapkan FDS

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Kebijakan Full Day School (FDS) atau waktu sekolah seharian yang ditelurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan masih menuai perdebatan. Kendati demikian, SMA 1 Muhammadiyah Makassar sudah mulai menerapkan sistem itu.

Drs. Amir MR. MM, Kepala Sekolah SMA 1 Muhammadiyah Makassar mengatakan setelah berkunjung pada tahun 2016 lalu di Unismuh, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Efendy memerintahkan kepada sekolahnya agar menerapkan Full Day Scholl.

“Insya Allah kami akan lanjutkan pada tahun ajaran baru berikutnya 2017/2018. Karena kami sudah menerapkan kurang lebih satu semester,”tuturnya.

Amir menambahkan, agar tidak terjadi pro dan kontra terhadap orangtua siswa, pihaknya menghadirkan seluruh orang tua siswa guna membicarakan mengenai penerapan Full Day Scholl tersebut. Alhasil, seluruh orang tua siswa mendukung.

“Jadi seluruh siswa kami sudah belajar mulai hari Senin hingga Jumat mulai pukul 07.15 hingga 16.00 Wita,” tukas Amir di ruang kerjanya, Selasa (31/1).

Menurut Amir, Full Day School merupakan solusi dalam memaksimalkan potensi peserta didik, baik dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Karena, kata dia, siswa akan punya lebih banyak waktu untuk belajar.

“Selain itu kegiatan ekstrakurikuler bisa lebih dimaksimalkan dengan penerapan FDS ini,” pungkasnya.

Amir pun berharap dengan diberlakukannya Full Day School peserta didik akan lebih bisa menyalurkan bakat dan minatnya melalui kegiatan ekstarkurikuler yang dipilihnya dengan waktu lebih banyak.

“Hal ini akan membuat siswa bisa lebih memaksimalkan bakat sehingga menjadi penunjang dalam pembentukan karakter peserta didik,” tutupnya. (mg05/mah)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top