Calon Komisioner KPU-Bawaslu RI asal Sulsel Gugur – FAJAR sulsel
News

Calon Komisioner KPU-Bawaslu RI asal Sulsel Gugur

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Tim seleksi (Timsel) Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menyerahkan nama-nama calon komisioner yang dinyatakan lolos tahap ketiga ke Preside RI, Joko Widodo, sebelum diproses melalui uji kepatutan dan kelaikan di DPR RI, Rabu (1/2).

Ada 14 nama calon untuk KPU dan 10 nama calon untuk Bawaslu yang diserahkan ke Jokowi. Nama-nama itu telah melalui proses pemilihan dari tim panitia seleksi.

Hanya saja, empat calon dari Sulsel semuanya dinyatakan gugur pada seleksi tahap ketiga ini. Masing-masing dua orang untuk calon komisioner KPU yakni Muhammad dan Ernida Mahmud. Dua lainnya yakni Sakka Pati dan Fatmawati untuk calon komisioner Bawaslu.

Ketua Timsel KPU RI, Saldi Isra menyatakan bahwa sesuai ketentuan pihaknya menilai secara komprehensif berdasarkan kriteria utama yaitu independensi, integritas, kemampuan tata kelola pemilu, kepemimpinan, dan kesehatan.

Saldi mengatakan jika penyerahan nama-nama yang lolos ke presiden ini menunjukkan akhir kerja timsel. “Nama-namanya sudah kami serahkan,” sebutnya.

Ernida Mahmud yang juga Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bone, Ernida Mahmud menanggapi santai hasil seleksi KPU RI. Sebaliknya, Ernida merasa bersyukur telah mengikuti seleksi hingga tahap ke tiga.

“Sebenarnya saya ikut daftar itu sekadar cari pengalaman saja. Karena saya tahu masih terlalu banyak orang yang jauh lebih mampu dibanding saya,” singkat Ernida.

Adapun Calon Komisioner Bawaslu asal Sulsel, Sakka Pati mengaku ikhlas menerima hasil seleksi. Tak lolos ke tahap selanjutnya tak menjadi beban bagi dosen di Fakultas Hukum Unhas itu. “Saya ikhlas. Pasti ada hikmanya saya tidak lulus,” katanya.

Ia pun memberikan selamat kepada calon komisioner lain yang namanya lolos. Ia berharap, siapa pun yang terpilih nanti bisa bekerja dengan naik. (mah)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top