Dorong Perkembangan Ekonomi Syariah di Sulsel – FAJAR sulsel
News

Dorong Perkembangan Ekonomi Syariah di Sulsel

Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Pusat sekaligus Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D. Hadad dijadwalkan melantik dan mengambil sumpah pengurus MES Provinsi Sulsel. Muliaman akan memberi dorongan perkembangan ekonomi syariah termasuk kinerja perbankan syariah di daerah yang dipimpin Syahrul Yasin Limpo ini.

Ketua MES Wilayah Sulsel, Dr Mukhlis Sufri mengatakan, berdasarkan finalisasi kepanitian bahwa Hada B Muliaman yang juta ketua MES Pusat berkenang meluangkan waktunya melantik dan mengambil sumpah pengurus provinsi. Pelantikan dirangkaikan peresmian gedung OJK Sulampua.

“Insya Allah kami dilantik Kamis, 2 Februari 2017 oleh ketua umum Pusat, Hadad B Muliaman yang juga ketua OJK. Pelantikan kali ini dirangkaikan peresmian kantor OJK Sulampua,” ujarnya seraya memperlihatkan undangan pelantikan.

Saat pelantikan, lanjutnya, Muliaman juga akan memberikan pandangan terkait potensi dan kinerja ekonomi syariah termasuk keuangan syariah. Potensi syariah di Sulsel masih terbuka lebar. Itu dilihat dari jumlah masyarakat ummat muslim di daerah ini. Sekadar info bahwa kinerja syariah di Sulsel terus memperlihatkan kinerja meyakinkan.

Sementara itu, berdasarkan data terakhir yang dilansir Bank Indonesia (BI) bahwa pembiayaan perbankan Syariah yang disalurkan pada November 2016 tercatat Rp5,77 triliun atau mengalami kontraksi 0,15% (yoy).

Pertumbuhan pembiayaan tertinggi dicatat oleh pembiayaan konsumsi (3,11%, yoy), diikuti pembiayaan modal kerja (1,58%, yoy), sedangkan pembiayaan investasi mengalami kontraksi (-11,03%, (yoy).

Secara sektoral, pertumbuhan pembiayaan tertinggi tercatat pada industri pengolahan (33,13%; yoy), konstruksi (27,21%, yoy), dan pertanian, perburuan, dan kehutanan (23,84%; yoy). (mg03/rif)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top