Gubernur: Jangan Korupsi dan Pungli – FAJAR sulsel
News

Gubernur: Jangan Korupsi dan Pungli

Pelantikan Pejabat Pemprov

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo melantik 1.552 pejabat eselon III dan IV Lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. Pengambilan sumpah dan pelantikan pejabat tersebut dilaksanakan digedung Celebes Convention Center (CCC), Rabu (1/2/17).

Dalam sambutannya, Syahrul mengatakan, tidak gampang menjadi seorang pejabat. Jabatan bukan hanya gubernur, wakil gubernur, dan sekda yang menentukan, tapi amanah yang harus dipertanggungjawabkan kepada Tuhan.

“Kerja baik, tulus, ikhlas, dan kerja keras, profesionalisme dan kompak. Itulah yang membawa kita kemana pun,” katanya.

Beberapa hal yang harus dipahami oleh para pejabat yang baru dilantik, kata dia, antara lain, harus bisa mengambil keputusan yang tepat dan tidak melanggar aturan. Kalau tidak, ia akan berhenti di eselon III dan IV. “Jangan melarut-larutkan masalah, karena itu sama saja dengan mengambil keputusan yang salah,” tandasnya.

Selain itu, pemimpin juga harus mempertajam arah, target dan tujuan pada semua tingkatan. Ini hanya bisa dilakukan jika pejabat tersebut menguasai tugas pokok dan fungsinya. “Kalau ada pejabat Eselon III dan IV hanya datang ke kantor jam tujuh pulang jam empat tapi tidak melakukan apapun, salah itu. Yang harus diselesaikan hari ini, jangan ditunda besok,” tegasnya.

Syahrul juga meminta agar pembagian tugas dilakukan secara merata dan adil. Jangan mau jago sendiri untuk selalu dikatakan hebat. “Pemimpin yang paling baik adalah pemimpin yang paling sedikit memerintah. Yang paling penting adalah harmonisasi, itulah yang kita capai di Sulsel,” imbuhnya.

Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini juga mengingatkan, kedisiplinan, kejujuran dan tidak korupsi akan menjaga jabatan yang telah diamanahkan. Dalam seratus hari ke depan, para pejabat diminta untuk telah menentukan arah, target dan tujuan yang akan dicapai.

“Pejabat dinilai karena integritasnya dan bagaimana ia membela rakyat. Bangun lapangan kerja lebih banyak dan jangan coba ada yang korupsi, suap, ataupun pungli. Jaga loyalitas pada tugas, fungsi, peranan serta aturan,” tegasnya.

Sementara Sekprov Sulsel, Abdul Latif menjelaskan, pengambilan sumpah dan pelantikan tersebut merupakan tindak lanjut dari Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah.(eky/rif)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top