Jet Tempur Sukhoi Atraksi di Atas Langit Luwu Expo – FAJAR sulsel
News

Jet Tempur Sukhoi Atraksi di Atas Langit Luwu Expo

BELOPA — Jet tempur Sukhoi terbang rendah di atas langit Luwu Expo, Rabu 1 Februari 2017. Ribuan pengunjung yang memadati area Luwu Expo merasa terhibur. Bisa menyaksikan langsung kehebatan pesawat tempur tersebut. Melakukan atraksi tepat di atas pameran dalam rangka memperingati Hari Jadi Tanah Luwu dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu.

Masyarakat Kabupaten Luwu berbondong-bondong menuju lokasi pameran Luwu Expo. Mereka membawa putra putrinya. Sejak pagi pula, sambil menanti hadirnya tiga pesawat jet tempur Sukhoi, Bupati Luwu HA Mudzakkar, Ketua TP-PKK Luwu, Hj Andi Tenri Karta Mudzakkar. Kemudian Wakil Bupati Luwu, H Amru Saher bersama istri Hj Badriani Amru sudah hadir di stand utama lokasi pameran Luwu Expo, tepatnya stand kopi Bisang.

Tidak berapa lama, Sekretaris Dinas Kominfo Luwu Anwar Usman tiba bersama sejumlah perwira dari Lanud Hasanuddin TNI AU Makassar. Mereka adalah Mayor (Pas) Baharuddin, Mayor (Pnb) Setyo Budi, Peltu Susianto dan Serka Sucipto. Mereka sengaja datang ke Kabupaten Luwu via Bandara Bua untuk mengkoordinir atraksi pesawat jet tempur Sukhoi.

Sekitar pukul 13:15 WITA, dari langit bagian selatan lapangan Andi Djemm Belopa lokasi Luwu Expo, muncul tiga unit pesawat jet tempur Sukhoi lalu melintas di atas lokasi pameran Luwu Expo, dimana sudah berkumpul ribuan orang di tengah lapangan sekitar panggung utama Kopi Bisang arena Luwu Expo.

Kehadiran tiga pesawat jet tempur Sukhoi yang terbang rendah ini langsung mendapat sambutan tepuk tangan dari ribuan pengunjung Luwu Expo sambil mengapresiasi Bupati Luwu HA Mudzakkar dan jajaran TNI AU. “Mantap Bupati Luwu Opu Cakka dan TNI AU,” ungkap salah seorang siswa SMAN 1 Belopa.

Tiga unit pesawat Sukhoi buatan Rusia ini tidak berapa lama kembali muncul di langit dari arah bagian utara dan melakukan manuver terbang lebih rendah. Hanya beberapa ratus meter saja dari dataran di arena Luwu Expo, dan kemudian satu dari tiga pesawat jet tempur tersebut melakukan atraksi dengan kecepatan tinggi dan naik secara vertikal tepat di atas arena pameran Luwu Expo, dan langsung mendapat sambutan tepuk tangan dari ribuan pengunjung Luwu Expo.

Bupati Luwu HA Mudzakkar, kepada harian mengatakan, kehadiran tiga pesawat jet tempur Sukhoi yang bermarkas di Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar ini memang sengaja dilakukan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Tana Luwu ke-749 dan Hari Perjuangan Rakyat Luwu ke-71 pada tanggal 23 Januari 2017 yang dipusatkan di Kabupaten Luwu.

“Disamping mereka menjadikan langit Kabupaten Luwu sebagai lokasi latihan, ini juga merupakan bentuk apresiasi untuk memperingati Hari Jadi Tana Luwu ke-749 dan Hari Perjuangan Rakyat Luwu ke-71 pada tanggal 23 Januari 2017 lalu. Inilah wujud sumbangsih TNI AU dan para tokoh Luwu di jajaran TNI untuk memeriahkan momentum tersebut,” ungkap HA Mudzakkar, seraya mengucapkan terima kasih kepada TNI AU dan mengapresiasi masyarakat Kabupaten Luwu yang sudah menyaksikan atraksi pesawat jet tempur milik TNI AU.

Dari pantauan harian Palopo Pos, kendati atraksi tiga unit jet tempur Sukhoi hanya berlangsung beberapa menit saja, namun antusiasme masyarakat cukup tinggi. Tercatat tidak kurang dari 5 ribuan orang secara bersamaan berkumpul dilapangan Andi Djemma Belopa lokasi pameran Luwu Expo Rabu kemarin.

Untuk diketahui, tiga unit pesawat jet tempur Sukhoi yang melakukan manuver di atas langit Luwu Rabu kemarin merupakan Skadron Udara 11 (atau Skadud 11) yang merupakan sebuah skuadron udara dan salah satu unsur pelaksana operasional Wing Udara 5, Lanud Sultan Hasanuddin dan bagian integral dari kekuatan udara yang dimiliki TNI Angkatan Udara.

Skadud 11 ini mempunyai peran sangat penting dalam rangka mendukung terselenggaranya tugas operasi udara yang dilaksanakan TNI Angkatan Udara. Skadron Udara 11 pernah mengoperasikan Pesawat tempur jenis DH-15 J Vampire, A-4 Skyhawk, TA-4H dan TA-4J (Versi Latih), dan saat ini mengoperasikan Pesawat tempur Sukhoi jenis SU-27SK, dan SU-30SK.

Terik matahari tak menyurutkan langkah kaki ribuan pengunjung Luwu Expo untuk menyaksikan langsung tiga unit jet tempur Sukhoi milik TNI AU yang melakukan atraksi atau manuver tepat di atas langit lokasi pameran Luwu Expo. (and/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top