Maret, Investasi Kilang Minyak Rp200 T Dibangun – FAJAR sulsel
News

Maret, Investasi Kilang Minyak Rp200 T Dibangun

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Sulsel mengkonfirmasi, dalam waktu dekat proyek pembangunan kilang minyak akan dibangun di Kabupaten Selayar. PT Saudi Indojaya International bersama sejumlah perusahaan partner menyiapkan investasi sebesar USD 15 miliar atau senilai Rp200 triliun untuk proyek tersebut.

Kepala BKMPD Sulsel, AM Yamin mengungkapkan, kilang minyak yang memiliki kapasitas 300 ribu barel per hari, dan terminal minyak kapasitas 6 juta metrik ton itu, akan memulai pembangunan fisik pada Maret mendatang.

Sejauh ini, kata dia, investor yang akan membangun kilang minyak itu telah mendapatkan izin prinsip dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI.

“Untuk kilang minyak itu, ada dua grup investor yang akan masuk. Group Mesir dan Amerika untuk pantai barat Selayar serta group Arab Saudi dan Amerika untuk pantai timur Selayar. Khusus izin prinsipnya akan diserahkan BKPM pusat pada kami, setelahnya akan kami koordinasikan dengan Pemda setempat,” katanya, kemarin.

Yamin menambahkan, tahapan desain dan konstruksi pembangunan investasi kilang minyak ini akan dimulai pada Maret mendatang, dengan perkiraan penyelesaian hingga 4 tahun kedepan. Pada tahapan ini, diperkirakan akan menyerap tenaga kerja antara 10 ribu sampai 15 ribu orang.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pengawasan Investasi, BKPMD Sulsel, Indiani Ismu berharap, rencana pembangunan kilang minyak tersebut bisa segera terealisasi.

“Ini rencananya Maret 2017 mulai konstruksi,kami berharap mudah-mudahan sudah bisa segera terealisasi. Sebab biasanya ada investor yang sudah memiliki izin tetapi tidak ada aktivitas dilapangan,” harapnya.

Soal potensi invetasi kilang minyak di Sulsel selain di Selayar, kata Indi, pihaknya telah mendapat laporan bahwa beberapa pihaknya melakukan penelitian di Kota Parepare. Hanya saja, sampai saat ini pihaknya belum mendapat laporan lanjutan terkait eksplorasi itu.
Sebelumnya, Direktur Utama PT Saudi Indojaya International, Mappasulle HS mengungkapkan, pihaknya telah mendapatkan surat persetujuan Penanaman Modal Asing (PMA) dengan nomor 425/I/PMA/2007 tertanggal 11 April 2007 dari BKPM RI.

Menurutnya, pemilihan Selayar sebagai lokasi investasi kilang minyak lantaran daerah ini memiliki letak geografis yang sangat strategis, karena berada di tengah-tengah persimpangan antara barat dan timur Indonesia. Selain itu, Selayar memiliki laut dalam yang memungkinkan kapal-kapal tangker bisa bermanuver.(eky/rif)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top