Palopo Raih Penghargaan WTN – FAJAR sulsel
News

Palopo Raih Penghargaan WTN

WTN

PALOPO — Kota Palopo menorehkan prestasi di awal tahun 2017. Bersama dengan Kabupaten Luwu, Palopo meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WNT). Di kategori lalu lintas dan angkutan darat. Diserahkan oleh Direktur Jenderal Perubungan Darat Kemenhub RI, Pudji Hartanto kepada wali kota yang diwakili kadishubnya, Mustahrim, di Hotel Merlyn Park Jakarta, Selasa 31 Januari 2017.

Kota Palopo meraih plakat dan sertifikat. Kota Palopo sendiri dinilai pada bulan Agustus 2016, lalu. Tim penilai WTN ke Palopo menilai program pembangunan di bidang transportasi yang dapat mewujudkan rasa aman, tertib, dan lancar dalam berlalulintas. ”Intinya adalah mewujudkan pelayanan paripurna di bidang transportasi darat.

Alhamdulillah Kota Palopo berhasil mendapatkan penghargaan berupa piala dan sertifikat WTN,” kata Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, melalui Kabag Humasnya, Maksum Runi, kepada Palopo Pos, Rabu 1 Februari 2017.

Maksum menjelaskan, penghargaan WTN yang diterima Kota Palopo ini didasarkan terhadap sejumlah indikator penilaian. Utamanya aspek penataan transportasi yang berkelanjutan, dan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan yang mendapat pertimbangan terbesar dalam penilaiannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Palopo, Mustahrim,mengungkapkan, sangat bersyukur karena mampu meraih penghargaan ini diawal tahun 2017 ini. “Penghargaan Wahana Tata Nugraha adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik. Penilaian dilakukan atas kategori kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil,” ungkap Mustahrim.

Penghargaan Wahana Tata Nugraha di bidang lalu lintas dan angkutan darat ini, sebutnya karena Kota Palopo mampu mewujudkan tertib lalulintas. Yang dinilai perlengkapan jalan, rambu, marka jalan, dan penerangan jalan umum. Selain itu, pedestrian, terminal, dan halte. Juga kondisi angkutan kota, jumlah trayek yang dilayani, papan trayek, kondisi taksi, pengguna jalan yang tertib berlalulintas dan taat pada peraturan lalu lintas.

Untuk diketahui, peninjauan yang dilakukan kala itu (Juni 2016) memberi gambaran secara umum kondisi lalu lintas dan penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan di Kota Palopo berjalan baik. Tim Penilai menyerahkan sejumlah rekomendasi yang dihasilkan oleh tim penilai WTN 2016 kepada Pemerintah kota Palopo untuk ditindaklanjuti.

Hasilnya, Kota Palopo mampu bersaing dengan daerah lainnya dengan meraih penghargaan WTN. Penghargaan WTN adalah penghargaan yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan RI kepada kabupaten/kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik.

Meski berprestasi, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dituntaskan. Di lapangan, masih terjadi kesemrawutan, rambu jalan seperti tidak ditegakkan. Warga dalam kota banyak mengeluhkan kondisi demikian. Apalagi, di kawasan pusat niaga Palopo. Belum lagi, terminal bayangan yang masih dijumpai di luar terminal. ”Ini PR bagi kadishub Palopo yang baru,” ucap warga.(rhm/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top