Pemilihan Ketua RT/RW Tahap Verifikasi – FAJAR sulsel
News

Pemilihan Ketua RT/RW Tahap Verifikasi

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Pelaksanaan pemilihan ketua RT/RW di Kota Makassar memasuki tahap verifikasi wajib pilih.

“Verifikasi wajib pilih mulai 1-6 Februari. Verifikasi untuk memberikan kesempatan kepada kepala keluarga untuk mendaftarkan dirinya sendiri ke kantor lurah,” tutur Iskandar Lewa, Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat Pemkot Makassar, Rabu (1/2/2017).

Menurutnya, verifikasi wajib pilih dilakukan lantaran tidak tertutup kemungkinan ada kepala keluarga yang belum terdata. Usai verifikasi, maka jumlah wajib pilih akan diumumkan ke publik.

Sebelum verifikasi, pihak kelurahan dan kecamatan memang lebih dahulu melakukan pendataan kepala keluarga. Lalu, jumlah kepala keluarga yang terdata kembali diverifikasi.

“Karena tidak luput ada yang tidak terdata, tidak sempat ditemui ketika pendataan,” kata Iskandar.

Hasil verifikasi kepala keluarga akan diserahkan ke tim pendamping Bagian Pemberdayaan Masyarakat yang berada di setiap kecamatan.

Terpisah, Camat Ujung Pandang, Zulkifly mengatakan, hasil pendataan wajib, pihak kelurahan tengah direkapitulasi. Usai pendataan rampung, maka pihaknya akan mulai melakukan verifikasi.

“Di sini ada 10 kelurahan, jika rekapan rampung kita rapat baru mulai verifikasi,” kata Zulkifly.

Kendati demikian, Zulkifly mengaku, potensi untuk melakukan pemilihan ketua RT/RW kecil. Pasalnya, aktivitas penduduk Kecamatan Ujung Pandang cukup tinggi.

Sebagian besar warga tidak memiliki waktu. Mereka rata-rata berada di luar Makassar, seperti di Jakarta. Memang, katanya, warganya mayoritas golongan menengah ke atas.

Zulkifly memprediksi, 40-50 persen RT/RW tidak melaksanakan pemilihan. Pemilihannya hanya dengan melakukan musyawarah mufakat. Besar kemungkinan, petahana kembali menjabat ketua RT/RW.

“Musyawarah mufakat juga sesuai perwali, jika hanya ada satu calon maka ditunggu dua hari. Jika tetap satu calon akan dimusyawarahkan dan diangkat lagi,” katanya. (rul/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top