PT Jamkrida Target Laba Rp100 Juta – FAJAR sulsel
News

PT Jamkrida Target Laba Rp100 Juta

MAKASSAR, UPEKS.co.id — PT Jamkrida Sulsel, Perusahaan Penjamin Kredit Daerah (PPKD) Sulawesi Selatan menyatakan akan mengoptimalkan kinerja bisnis perusahaan tahun ini. Perusahaan milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan tersebut mengincar laba Rp100 juta tahun ini.

Angka tersebut dinilai rasional karena perusahaan milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan ini belum lama beroperasi.
“Kami baru beroperasi Oktober tahun lalu, target laba harus realistis di tahun pertama ini, tapi kami optimalkan kinerja bisnis penjaminan kredit. Kami tidak memginginkan yang terlalu muluk muluk.

Target laba rP100 juta untuk tahun ini merupakan target yang cukup ideal, bagi perusahaan baru saja hadir memberikan pelayanan kredit,” ujar Muhammad Ikrar De Rosari, Direktur PT Jamkrida Sulsel, saat ditemui, Rabu (1/2/17) kemarin.

Menurut Ikrar, bisnis penjaminan kredit khususnya di Sulawesi Selatan memiliki prospek yang cerah dimana potensi penjaminan kredit bagi perusahaan tertentu cukup potensial. Untuk langkah awal, Ikrar mengemukakan PT Jamkrida Sulawesi Selatan menjalin kerjasama dengan Bank Sulselbar yang juga merupakan perusahaan milik Pemerintah Daerah Se-Sulawesi Selatan dan Barat.

Sebagai Perusahaan Penjamin Kredit Daerah (PPKD), modal yang dimiliki saat ini sebesar Rp25.350.000.000. Modal terdiri dari saham milik Pemprov Sulsel Rp25,3 miliar atau sebesar 99,98%, dan Rp50 juta atau sebesar 0,2% saham Koperasi Pegawai (KPRI) Toddopuli Provinsi Sulawesi Selatan.

“Berdasarkan modal tersebut, gearing ratio atau nilai penjaminan yang dapat diterbitkan adalah sebesar 40 kali lipat atau senilai Rp 1,14 triliun. Kemampuan perusahaan dalam melakukan penjaminan sebesar nilai tersebut dapat terwujud jika didukung oleh semua pihak terkait khususnya di Sulawesi Selatan,” terang Ikbal.

Ikbal menambahkan, PT Jamkrida, meski kepemilikannya dikuasai oleh pemerintah daerah tetapi perusahaan ini siap bersaing dengan perusahaan lainnya yang berskala nasional.

Di Makassar khususnya, tercatat lebih dari lima perusahaan yang menawarkan penjaminan kredit kepada perusahaan-perusahaan swasta yang membutuhkan penjaminan kredit.

“Tak masalah banyak perusahaan yang punya produk sama, tapi kami juga siap buktikan mampu bersaing secara professional dengan perusahaan lainnya. PT Jamkrida juga siap membantu para UMKM atau pengusaha baru untuk memperoleh kredit dengan mudah dalam mengembangkan usahanya,” katanya.

PT Jamkrida Sulsel yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Sulsel yang resmi beroperasi di Makassar. Jamkrida sendiri adalah Perusahaan Penjaminan Kredit berskala Daerah (PPKD) yang pertama di pulau Sulawesi.
Jamkrida Sulsel memperoleh izin usaha sebagai perusahaan penjaminan pada 9 Agustus 2016 dengan surat keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor Kep-39/D.05/2016. (mg4/suk)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top