Tiga Poros Jadi Penentu – FAJAR sulsel
News

Tiga Poros Jadi Penentu

PEMILIHAN Gubernur (Pilgub) Sulsel baru akan digelar 2018 mendatang. Berapa jumlah pasangan yang akan maju akan ditentukan dari dukungan empat poros partai politik sebagai pemenang di Pemilu 2014 lalu.

Melihat jumlah anggota DPRD Sulsel yang mencapai 85 orang, maka secara matematis bisa menghadirkan lima paslon. Namun dengan kondisi ril penyebaran partai, kemungkinan besar akan hanya ada empat pasangan calon (Paslon).

Hal itu jika dengan pembagian poros yang merata mendapatkan 17 kursi sebagai syarat minimal usungan 20% persen dari total jumlah kursi yang harus disiapkan paslon.

Pakar Politik Unhas Jayadi Nas mengungkapkan, Pilgub Sulsel ada empat poros penentu, yakni Partai Golkar, Partai Demokrat dan Partai Gerindra.

Masing-masing memiliki 11 kursi, alasan kedua partai ini patut bisa membuat poros masing-masing. “Meski harus menambah minimal enam kursi lagi, dua partai ini bisa menjadi kekuatan penyeimbang Golkar,” jelas Jayadi.

Misalnya, Partai Demokrat bisa berkoalisi Hanura. Serta Gerindra dengan PKS mengingat koalisi mereka di tingkat pusat yg cukup kental, maka sudah cukup mengusung paslon.

Poros lain juga bisa muncul dari Partai Amanat Nasional (PAN) dengan modal 9 kursi, ia bisa saja bersama dengan Partai Nasdem yang memiliki tujuh kursi. Artinya masih butuh satu kursi untuk melengkapi usungannya sampai 17.

“Bisa saja menyasar parpol yang kursinya tidak signifikan, seperti PKB, PKPI atau PBB,”ungkapnya.

Mantan Ketua KPU Sulsel ini menambahkan, partai lainnya seperti PDIP dan PPP akan melengkapi koalisi yang sudah ada. Tetapi kata dia, jika melihat pengalaman helatan Pilgub Sulsel selama ini, biasanya akan tercipta tiga paslon. (mah)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top