Wah, Surat Edaran Bupati Tak Bertuah – FAJAR sulsel
News

Wah, Surat Edaran Bupati Tak Bertuah

GE DIGITAL CAMERA

Pejabat Belum Kembalikan Randis

WATAMPONE, RB—Pergeseran pejabat sejatinya diikuti dengan penyerahan randis kepada pemerintah daerah melalui Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD). Namun faktanya, beberapa pejabat justru tetap membawa randis yang digunakan ke tempat yang baru. Kondisi ini mengacaukan penataan aset khususnya kendaraan dinas di lingkup Pemkab Bone. Kepala Bidang Aset Daerah DPKAD Kabupaten Bone Baharuddin yang ditemui RADAR BONE, Senin 30 Januari mengatakan mengatakan seharusnya pegawai yang dimutasi ke SKPD lain tidak membawa serta kendaraan dinasnya.

Pasalnya, kata Baharuddin kendaraan dinas tersebut dibutuhkan pegawai atau pejabat yang menggantikan. Penggunaan randis, sambung Baharuddin diusulkan melalui pengelola atau sekkab secara tertulis.

“Tapi selama ini belum ada pegawai yang mengusulkan sampai sekarang. Kami tidak tahu apakah oknum pegawai itu belum mengetahui aturannya atau sengaja. Karena sesuai dengan surat edaran Bupati Bone pada tahun 2013, bahwa ketika pegawai dimutasi, randis harus ditinggalkan. Tapi sampai sekarang peraturan itu belum terlaksana dengan maksimal,” kata Baharuddin.

Sebagai pihak pengelola, kata Baharuddin pihaknya akan terus melakukan pembinaan, sehingga aturan dimaksud bisa ditegakkan. “Tapi ini perlu ada pembinaan terus menerus dan membutuhkan waktu lama. Tidak mungkin peraturan itu berlaku langsung diterapkan 100 persen, tapi tentu membutuhkan waktu proses,” jelasnya.

Terkait pengadaan randis tahun ini, Baharuddin mengatakan tetap ada. Hanya saja, pengadaannya melalui SKPD. Sebagai pengelola aset, lanjut Baharuddin pihaknya cuma menerima laporan pasca pengadaan.
”Tahun ini ada lagi pe-ngadaan randis, tapi belum diketahui jumlahnya, karena di Bidang Aset ini hanya mengetahui secara administrasi, nanti diketahui jika sudah terealisasi. Karena masing-masing instansi mengusulkan secara pribadi. Kami hanya menerima laporan dari instansi terkait setelah randis itu terealisasi,” tuturnya.

RADAR BONE

loading...
Click to comment
To Top