Warga Harus Proaktif Usul Pembangunan – FAJAR sulsel
News

Warga Harus Proaktif Usul Pembangunan

MAROS,UPEKS.co.id — Pemerintah kabupaten (Pemkab) Maros mulai gelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan. Marusu merupakan kecamatan pertama yang menggelar Musrenbang di Kantor Camat Marusu Rabu (1/2/2017).

Bupati Maros HM Hatta Rahman saat menghadiri musrenbang pertama 2017 bersama Wabup Maros, HA Harmil Mattotorang, Ketua DPRD Maros AS Chaidir Syam, Dandim 1422 Maros Letkol Kav Mardi Ambar dan jajaran kepala SKPD, camat serta masyarakat Marusu.

Hatta mengatakan, musrenbang merupakan salah satu instrumen yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengusulkan program-program pembangunan di daerahnya masing-masing.

Sehingga, pihak Hatta meminta agar masyarakat proaktif memberikan usulan program kepada pemerintah saat musrenbang agar pembangunan daerah tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat itu sendiri.

“Musrenbang bukan lagi sebuah formalitas belaka yang asal jadi, asal ada, asal menggugurkan kewajiban tapi musrenbang harus menjdi wadah pengusulan program yang dibutuhkan masyarakat sehingga tepat sasaran,” beber Hatta.

Hatta menambahkan, musrenbang ini digelar untuk rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2018 bukan tahun 2017 karena hasil musrenbang 2017 dimasukkan ke RKPD 2018.

“Jadi ini akan menjadi program tahun 2018, dari musrenbang ini kita menjaring aspirasi masyarakat, jadi masyarakat harus proaktif dalam mengusulkan program apa yang dibutuhkan. Nanti digodok sesuai skala prioritas manfaat orang banyak,” jelasnya.

Ketua DPRD Maros AS Chaidir Syam berharap agar Musrenbang dari tahun ke tahun semakin berkualitas dengan program-program yang tertuang dalam RKPD Maros sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga tepat sasaran dan dapat mensejahterakan masyarakat Maros sesuai visi Maros Sejahtera 2021. (Alf/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top