Warga Polinggona Memprihatinkan – FAJAR sulsel
News

Warga Polinggona Memprihatinkan

KOLAKA,UPEKS.co.id — Salah satu Kecamatan yang di Kab. Kolaka di wilayah selatan, yakni Polinggona sangat memprihatinkan. Pasalnya wilayah kecamatan ini masyarakatnya cukup miskin.

Meski wilayah kecamatan memiliki sumber daya alam persawahan dan perkebunan begitu memadai, tetapi sebahagian besar masyarakatnya hanya sebagai petani penggarap.

Sementara lahan persawahan dan perkebunan itu milik warga dari luar Polinggona, sehingga masyarakat hanya bisa hidup dengan pas pasan.

“Karena hanya sebagai petani penggarap,”ungkap Camat Polinggona, Rahmat kepada media ini kemarin usai mengikuti pelantikan pejabat eselon III dan IV di lapangan parkir Pemda Kolaka kemarin.

Selain itu kondisi wilayah Kecamatan Polinggona kata Rahmat hingga saat ini(red,) dari enam desa dan kelurahan hanya dua desa yang bisa dijangkau dengan jaringan tekekomunikasi(telkomsel). “Sehingga jangan heran kalau masyarakat Polinggona susah untuk melakukan komunikasi dengan dunia luar, karena belum dijangkau jaringan komunikas(jaringan selular),”ujar Rahmat.

Bukan hanya itu, kata Rahmat, sarana dan prasana umum, jalan desa maupun jalan usaha tani juga sangat memprihatinkan. Dari segi akses ekonomi khususnya dalam memasarkan hasil pertanian dan perkebunan masyarakat juga mengalami kendala karena jalanannya sangat tidak memadai,”jelasnya.

Penerangan listrik di Polinggona lebih banyak padam ketimbang menyala. Sehingga masyarakat juga setiap malam tidak bisa melakukan aktifitas musyawarah.

“Jangan heran kalau baru jam tujuh malam saja sudah sunyi senyap, karena masyarakat tidak ada aktifitas dilakukan malam hari selain tidur,” kata Rahmat.

Meski demikian dirinya berharap ketika semua akses sarana dan prasarana jalan, penerangan maupun sarana jaringan komunikasi sudah bisa teratasi. Insya Allah kehidupuan masyarakat akan mengalami perubahan secara signifikan,” harap Rahmat. (pil/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top