Fasum-Fasos Belum Diserahkan – FAJAR sulsel
News

Fasum-Fasos Belum Diserahkan

Kabid Penataan, Pemanfaatan Ruang dan Fasum Fasos Dinas Penataan Ruang Makassar, Darwis Herman menerangkan, lokasi pelataran PKL centre memang sebagai fasum. Namun, fasum milik GMTD tersebut belum diserahkan kepada Pemkot Makassar

“Belum pernah ada penyerahan fasum fasos di kawasan pengembangan GMTD,” kata Darwis, Kamis (2/2/2017).

Dia menerangkan, penyerahan fasum fasos diawali dengan permohonan pengembang untuk menyerahkan fasum fasos. Lalu, Dinas Penataan Ruang bakal melakukan verifikasi fasum fosos.

Sayangnya, GMTD memang belum mengajukan permohonan penyerahan fasum fasos. Dinas Penataan Ruang, kata Darwis, sudah beberapa kali berusat perihal fasum fasos.

“Tapi, pihak GMTD beralasan masih pakai untuk membangun, pengembangan, jadi belum bisa serahkan fasum-fasosnya. Nanti akan dihitung berapa luasan yang diserahkan bila ada penyerahan,” terang Darwis.

Di mana, penyerahan fasum fasos dari pengembang kepada Pemkot Makassar tertuang dalam Perda no 9/2011 tentang penyediaan dan penyerahan prasarana sarana utilitas pada kawasan industri, perdagangan, perumahan dan permukiman.

Sementara itu, Kabag Hukum dan HAM Pemkot Makassar, Umar memberikan dua pernyataan yang berbeda. Pernyataan pertama, pemerintah daerah (pemda) tidak bisa melakukan kegiatan terhadap fasum fasos yang belum diserahkan.

“Apalagi untuk dianggarkan sebelum diserahkan, itu tidak boleh,” kata Umar.

Menurutnya, fasum fasos harus tercatat dan diketahui pemda. Namun, terkait area pelataran PK5 centre, Umar mengaku, kegiatan pembangunan untuk kepentingan umum tidak ada masalah meskipun belum diserahkan. Asalkan, pihak pengembang mengakui area tersebut sebagai fasum fasos yang akan diserahkan nantinya.

Dia menambahkan, pemda juga memiliki kewajiban untuk mengambil alih fasum fasos yang ditelantarkan sesuai perda. (rul/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top