Kemenhub Dituding Tak Serius Dukung Pengembangan Pariwisata Toraja – FAJAR sulsel
News

Kemenhub Dituding Tak Serius Dukung Pengembangan Pariwisata Toraja

MAKALE — Kelanjutan pembangunan bandara baru di Mengkendek masih tersendat. Kedatangan sejumlah komisi V DPR RI bersama pejabat dari Kemenhub RI ke lokasi pembanguan bandara tersebut, Kamis, 2 Februari kemarin, belum menjadi solusi . Anggaran kelanjutan pembangunannya tahun ini belum tersedia.

Padahal, Jusuf Kalla saat berkunjung ke Toraja berjanji akan memperhatikan pariwisata Toraja. Malah wapres mau dua bandara, Bandara Pongtiku dikembangkan seraya menunggu penyelesaian bandara baru di Mengkendek. Jangan dua bandara mau dikembangkan, satu saja belum jelas anggarannya.

Pengembangan bandara Pongtiku akan menelan anggaran hingga Rp700 milyar itu baru anggaran timbunan, dianggap kemahalan. Bandara Buntu Kuni tahun anggaran ini ternyata tak ada anggaran. Jadi kesannya, Kemenhub tak serius lakukan analisa sebelum pembangunan bandara dimulai. Sementara Anggaran yang sudah digelontorkan di bandara Buntu Kuni sudah mencapai 270 milyar lebih. Jika bandara tak tersedia, praktis pariwisata di Toraja tak berkembang.

Lazarus S.Sos dari fraksi PDIP Ketua tim kunjungan khusus komisi V mengatakan pihaknya sepakat untuk melanjutkan pembangunan bandara Buntu Kuni, namun mereka tetap menunggu hasil kajian dari Kemenhub.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Suprasetyo, Jumat 3 Februari mengatakan bahwa anggaran untuk melanjutkan Buntu Kuni tahun ini belum ada. Anggaran akan diturunkan setelah analisa dan survey teknis dilakukan.

“Belum ada anggaran tahun ini , nanti kita lihat setelah hasil survey ada, yang paling menentukan adalah hasil survey keselamatan penerbangan. Analisa kita lakukan karena terkait anggaran, termasuk jenis pesawat yang bisa mendarat. Mudah-mudahan hasilnya baik, anggaran segera kita siapkan, ” katanya. (fjr)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top