Komisi I Rekomendasikan Alirkan Listrik ke Dongi – FAJAR sulsel
News

Komisi I Rekomendasikan Alirkan Listrik ke Dongi

MALILI--Wakil ketua Komisi I DPRD Luwu Timur (Lutim), Herdinang, ikut merasa prihatin dengan permasalahan masyarakat yang ada di Kampung Dongi. Sejak, adanya pemutusan instalasi aliran listrik di Dongi, masyarakatnya terpaksa memakai lilin untuk penerangan.

Hal itu disampaikan, Herdinang melaui rapat di ruang Komisi I, yang mana pokok pembahasannya mengenai permasalahan masyarakat Dongi.

Selain, Herdinang, ikut hadir segenap anggota DPRD, Rully Heryawan, Imam Muhajir, KH. Suardi Ismail, Kabag Pemerintahan, Senfri Oktavianus, dan sejumlah Manajemen PT. Vale Indonesia. Pertemuan dilaksanakan, Rabu 1 Februari 2017.

Dalam pertemuan itu, Herdinang menyampaikan bahwa aliran listrik ke Dongi, sejak 20 September 2017, aliran listrik diputus PT Vale Indonesia Tbk. Dimana diketahui, perusahaan terbesar di Bumi Batara Guru itu, merupakan pemasok listrik ke Dongi. Sejak diputusnya aliran listrik, puluhan rumah warga di Dongi mengalami gelap gulita.

Untuk Melalui pertemuan itu, Komisi I menyarankan agar program relokasi yang sebelumnya dicanangkan segera dilanjutkan. Namun sebelum rampung secepatnya program aliran listrik ke Dongi harus menjadi skala prioritas, tujuannya agar masyarakatnya kembali merasakan terang benderang seperti sedia kala.
“Tentu kami menyarankan rumah tujuan relokasi layak huni, dan juga mendapatkan hak seperti SOP Transmigrasi,” ujar Herdinang.

Dalam rapat Komisi I, juga dihadiri menajemen PT.Vale dan Pemerintaha Daerah (Pemda), melahirkan beberapa kesimpulan terkait permasalahan masyarakat Dongi. Diantaranya sebut dia, segera dilakukan pendataan ulang masyarakat Dongi, khususnya bagi mereka yang memang asli penduduk Dongi. Sebab, ada perbedaan data dari yang disampaikan PT.Vale Indonesia Tbk dan masyarakat Dongi itu sendiri.

Program kesepakatan antara PT. Inco (Vale, Red) dan pemerintah Kabupaten Luwu Timur dahulu, dilanjutkan. Program yang dimaksud adalah relokasi masyarakat Dongi ke tempat yang layak huni, menyarankan kepada PT. Vale Indonesia, Tbk dan Pemerintah Kabupaten Lutim, untuk menghasilkan keputusan bersama aliran listrik sementara sebelum relokasi penuh dilaksanakan. Menyarankan agar program relokasi layak huni untuk masyarakat dongi yang dimaksud memenuhi standar transmigrasi.(krm/ded)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top