Kopertis Babat 44 Prodi – FAJAR sulsel
News

Kopertis Babat 44 Prodi

Dianggap Kadaluarsa

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Sulawesi Selatan bakal membabat habis program studi (Prodi) yang dianggap tak layak alias tidak memiliki izin perpanjangan.

Koordinator Kopertis IX, Prof Andi Niartiningsih mengatakan, sepanjang tahun 2017, jajarannya akan menggelar pemetaan dan mendata ulang program studi yang izin operasionalnya sudah kadaluarsa.

“Kebijakan ini guna mengantisipasi kerugian masyarakat akibat prodi yang sudah tidak berlaku lagi izin operasionalnya,” ujar Prof.Dr.Ir.Hj. Andi Niartiningsih,M.P Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulsel setelah membuka sosialisasi Permendikti di Aula Mattayang Kopertis Wilayah IX.

Andi Niartiningsih menjelaskan, bentuk pemetaan dilakukan dengan mengirim surat pemberitahuan kepada prodi yang sudah kadaluarsa lewat pimpinan kampus. Hasil pemetaan dan inventarisasi akan diserahkan ke pemerintah pusat lewat Kemenristekdikti RI.

Menurutnya, pemerintah pusat kelak akan menentukan, apakah prodi yang sudah lama kadaluarsa tersebut masih perlu dibina atau dihapuskan. “Jadi, prodi yang sudah kadaluarsa maka secara otomatis, izin penyelenggaraan Prodi juga tidak berlaku, sehingga dicabut izin,” ungkapnya.

Selain itu, kata mantan Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini menambahkan, data terakhir menunjukkan jumlah prodi secara keseluruhan 1.306.

“Sebanyak 1.262 dalam kondisi aktif serta nonaktif 44 prodi. Prodi tidak aktif itu menyebar di Gorontalo sebanyak 2 prodi, Sulbar 1 prodi, Sulsel 22 prodi, Sulteng 4 Prodi, Sultra 1 prodi, Sulut 10 prodi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Andi Niartiningsih mengungkapkan untuk saat ini prodi yang perlu reakreditasi sebagian besar sudah melapor ke Menristekdikti RI. Kecuali kesehatan harus melalui Kopertis atau Provinsi.

“adi yang sudah melaporkan tinggal menunggu visitasi dan Kemenristekdikti RI,” tukasnya.

Andi Niartiningsih berharap semua Prodi yang belum melapor ke Menristekdikti RI atau Kopertis agar segera melapor. Sehingga tidak ada lagi prodi yang bermasalah khususnya Kopertis wilayah IX. (mg05/mah)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top