Kreatif, Pemda Gelar Musrenbang Anak – FAJAR sulsel
News

Kreatif, Pemda Gelar Musrenbang Anak

*Sediakan Fasilitas dan Sarana Pendukung, Baru Dua Kabupaten yang Laksanakan

MASAMBA — Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Anak (Musrenbang Anak) terinspirasi oleh besarnya keinginan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara dalam rangka menyiapkan fasilitas dan sarana pendukung pemenuhan kebutuhan anak secara fisik.

Terbangunnya Taman Bermain anak dan Sport Centre di area bantaran sungai Masamba adalah bagian pemenuhan kebutuhan anak di Luwu Utara yang juga merupakan hasil usulan pada Musrenbang Anak 2016 kemarin. Bahkan di Provinsi Sulawesi Selatan, baru ada dua daerah yang menggelar Musrenbang Anak, yakni Kabupaten Bantaeng dan Luwu Utara.

Ramlan Hasan, ST.,MT., saat mewakili Kepala BAPPEDA dalam acara Musrenbang Anak di Kecamatan Mappedeceng mengatakan Musrenbang ini adalah bagian dari upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan anak di Luwu Utara. Dan terbangunnya Taman Bermain Anak dan Sport Centre di area bantaran sungai Masamba adalah bagian dari kreatif untuk memenuhi kebutuhan anak di Luwu Utara yang merupakan hasil usulan pada Musrenbang Anak 2016 kemarin,” terangnya, Rabu 1 Pebruari lalu.

Lanjut dia, olehnya itu, kita ingin Musrenbang Anak rutin kita lakukan setiap tahunnya. Dan semua usulan dari Musrenbang Anak ini tentu kita akan tampung untuk kemudian kita bahas pada Musrenbang di tingkat kabupaten. Ramlan menambahkan, Musrenbang Anak adalah wadah bagi anak-anak sekolah untuk menyuarakan kebutuhannya, menyuarakan aspirasinya kepada pemerintah, sehingga nantinya akan lahir anak-anak yang bersumber daya manusia yang berkualitas tinggi yang tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan berpartisipasi aktif secara positif dalam pembangunan daerah.

“Untuk mengarahkan keinginan anak, maka pemerintah memberikan ruang bagi mereka untuk menyuarakan apa yang menjadi keinginannya dalam bentuk Musrenbang Anak, sehingga ke depan akan terciptan SDM Anak yang berkualitas, sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia serta dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan,” pungkas Ramlan.

Sementara itu, Camat Mappedeceng, Andi Rahman Baslan, menyambut baik acara Musrenbang Anak yang melibatkan para pelajar mulai dari tingkat SD sampai SMA. Mengingat pentingnya acara tersebut, Andi Rahman menghimbau kepada para pelajar betul-betul menyuarakan apa yang menjadi kebutuhannya di sekolah.

“Acara ini bagi saya sangat penting dalam rangka menampung aspirasi anak-anak sekolah. Olehnya itu, saya harap anak-anakku semua, suarakanlah apa yang menjadi kebutuhan kalian. Kalau bisa jangan yang fisik saja, tapi juga perhatikan yang non fisik,” tandas Rahman, yang tak lupa memberikan masukan agar pihak penyelenggara ke depan juga melibatkan para pemerhati anak untuk ikut dalam Musrenbang Anak. (hms/him)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top