Panggilan Darurat 112 Segera Diaktifkan – FAJAR sulsel
News

Panggilan Darurat 112 Segera Diaktifkan

PALOPO — Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) segera mengaktifkan layanan panggilan darurat 112. Dimana Kota Palopo menjadi salah satu daerah proyek percontohan bersama lima daerah lainnya di Sulsel dalam penerapan aplikasi panggilan darurat 112.

Kepala Dinas Kominfo Kota Palopo, Baso Akhmad, SH kepada Palopo Pos, Kamis 2 Februari 2017 menjelaskan, pemanggilan darurat ini nantinya dapat digunakan apabila masyarakat menemukan kejadian bencana, kecelakaan lalulintas ataupun tindak kejahatan di lingkungan masyarakat.

“Yang mengancam jiwa diri sendiri atau orang lain. Seperti bencana baik itu bencana alam, kebakaran, dan kejahatan. Mungkin kedepan bisa saja berkembang. Misalnya orang mau melahirkan dalam keadaan darurat serta membahayakan si ibu dan anak bisa menghubungi 112,” kata mantan Kabag Humas Pemkot Palopo ini kemarin.

Untuk diketahui, layanan panggilan darurat nantinya ini dapat diakses oleh masyarakat yang membutuhkan pertolongan dengan menghubungi nomor tunggal panggilan darurat (NTPD) 112.

Dengan layanan tersebut, apabila masyarakat mengalami kondisi darurat seperti kebakaran, bencana alam seperti longsor dan banjir, atau membutuhkan layanan ambulance maupun kepolisian dapat langsung menghubungi nomor darurat tersebut.
“Nomor darurat tersebut bebas pulsa,” katanya.

Menurutnya, layanan NTPD merupakan program Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kota Bogor ditunjuk sebagai salah satu dari empat kota yang menjadi percontohan yakni Kota Bandung, Depok dan Tanggerang.

Layanan nomor darurat memiliki keunggulan di antaranya, nomor `emergency` tersebut sudah ada di dalam handphone (default emergency call). Jadi untuk menghubungi nomor 112 masyarakat tidak perlu pulsa atau membayar, bahkan hp terkunci pun masih bisa digunakan.

“Keunggulan lainnya, masyarakat tidak perlu menghapal banyak nomor untuk mengakses layanan telepon darurat,” katanya.

Layanan ini jangan disalahgunakan. Apabila ada yang menyalahgunakan nomor tersebut otomatis akan di `black list` dan dapat diketahui posisinya. Karena sudah dilengkapi teknologi canggih maka penelpon akan diketahui keberadaannya.(rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top