Penetapan Ketua RT/RW Diperekenankan Secara Musyawarah – FAJAR sulsel
News

Penetapan Ketua RT/RW Diperekenankan Secara Musyawarah

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Pelaksanaan pemilihan ketua RT/RW diperkenankan secara musyawarah mufakat atau tanpa pemilihan langsung.

“Musyawarah memang diatur dalam peraturan walikota,” kata Iskandar Lewa, Kabag Pemberdayaan Masyarakat, Kamis (2/2/2017).
Iskandar menerangkan, Perwali No 72/2016 tentang pedoman pemilihan RT/RW di Kota Makassar memang mengatur penetapan ketua RT/RW secara musyawarah.

Apabila hanya ada satu calon yang mendaftar, maka camat dan lurah memiliki hak prerogatif untuk melakukan musyawarah dalam menetapkan ketua RT/RW yang dituangkan dalam berita acara.

“Karena memang tidak menutupkan kemungkinan, seperti wilayah yang mayoritas China memang malas,” katanya.

Kendati demikian, incumbent yang maju tetap harus memenuhi persyaratan dan ditentukan secara aklamasi melalui musyawarah.
Penetapan ketua RT/RW tanpa melalui pemilihan berpotensi terjadi di Kecamatan Ujung Pandang yang terdiri dari 10 kelurahan.

Camat Ujung Pandang, Zulkifly mengaku, potensi untuk melakukan pemilihan ketua RT/RW kecil. Pasalnya, aktivitas penduduk Kecamatan Ujung Pandang cukup tinggi.

Sebagian besar warga tidak memiliki waktu. Mereka rata-rata berada di luar Makassar, seperti di Jakarta. Memang, katanya, warganya mayoritas golongan menengah ke atas.

Zulkifly memprediksi, 40-50 persen RT/RW tidak melaksanakan pemilihan. Pemilihannya hanya dengan melakukan musyawarah mufakat. Besar kemungkinan, petahana kembali menjabat ketua RT/RW.

“Musyawarah mufakat juga sesuai perwali, jika hanya ada satu calon maka ditunggu dua hari. Jika tetap satu calon akan dimusyawarahkan dan diangkat lagi,” katanya. (rul/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top