Proyek Bendungan Pamukkulu Telan Rp1,22 T – FAJAR sulsel
News

Proyek Bendungan Pamukkulu Telan Rp1,22 T

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Proyek bendungan Pamukkulu, di Desa Kale Ko’mara, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar tahun ini mulai memasuki tahap pembangunan fisik. Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo secara langsung melakukan pencanangan di lokasi proyek, Kamis (2/2/17).

Bendungan ini diperkirakan akan menelan total APBN sebesar Rp1,22 triliun, yang terbagi atas anggaran fisik Rp950 miliar dan pembebasan lahan senilai Rp270 miliar. Khusus anggaran fisik akan dikucurkan secara bertahap.

“Saya mau lihat proyek bendungan ini cepat selesai. Tidak ada yang boleh main-main. Saya minta masyarakat pemilik lahan juga membantu untuk mempercepat ini, jangan mau terpengaruh calo,” harap Syahrul.

Syahrul menyampaikan optimismenya proyek tersebut bisa lebih cepat, lantaran dukungan anggaran dari pusat juga sudah ada. “Anggaran sudah ada dari pusat, kalau bisa satu tahun kenapa harus nunggu tiga tahun. 2018 saya mau lihat minimal proyek ini sudah ada bentuknya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ponpengan Jeneberang, Agus Setiawan mengatakan, saat ini pemerintah pusat sangag konsen dalam hal pemenuhan pangan nasional. Sebab itu, butuh upaya kuat dan kerjasama serta kerja keras untuk membangun bendungan dalam pemenuhan kebutuhan air untuk sektor pertanian dan perkebunan kita.

“Saat ini potensi air kita baru dikelolah sekitar 30%. Untuk itu kita bangun bendungan dalam ranngka memaksimalkan potensi yang ada,” katanya.

Soal dukungan anggaran pusat untuk bendungan Pamukkulu, lanjut dia, dari total Rp950 miliar yang disiapkan untuk fisik, tahun ini anggaran yang dikucurkan baru sekitar 15%. Bendungan membutuhkan lahan sedikitnya 640 hektar.

Menurutnya, proyek ini diproyeksi sebagai pengendali banjir, pembangkit listrik hydro power, pariwisata, perikanan darat, dan peningkatan intensitas tanaman padi dan palawija seluas 6.430 hektar dari 150% menjadi 250%.

Plt Bupati Takalar, Andi Darmawan Bintang menjelaskan, khusus pembebasan lahan, saat ini sudah dalam tahap perampungan. Pihaknya mengaku proses ini bisa lebih cepat selesai, apalagi warga setempat antusias menyambut hadirnya proyek tersebut.

Menurutnya, bendungan itu terbilang cukup besar, sebab Bendungan Pamukkulu ini akan membendung tiga sungai, yakni sungai Pamukkulu, Jene Marung, dan Dingau.(eky/rif)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top