Tebas 2 Orang, Divonis 2 Tahun Penjara – FAJAR sulsel
News

Tebas 2 Orang, Divonis 2 Tahun Penjara

PALOPO — Terdakwa Andi Tiro Alias Andis dikenakan hukuman badan selama 2 tahun penjara. Ia divonis bersalah oleh Majelis Hakim Pengadilan Neger, atas perbuatan penganiayaan yang dilakukan kepada korban Rahman Pakulu dan Roni Pasande hingga mengakibatkan kedua korban mengalami luka berat dan cacat seumur hidup.

Sidang putusan ini digelar Kamis 2 Pebruari kemarin. Diketuian oleh Majelis Hakim Pengadilan, Raden Nurhayati SH didampingi dua hakim anggotanya Mahir Sikki SH dan Erwino M Amahorseja SH. Vonis hakim lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Belopa, Ardiansyah SH yang menggantikan Lewi R Pasolang SH dengan tuntutan 2 tahun 6 bulan penjara.

Fakta-fakta yang terungkap dalam persidangan diantanya keterangan para saksi dan juga terdakwa. Majelis Hakim menilai terdakwa telah terbukti melanggar pasal 351 ayat 2 dan pasal 351 ayat 1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Selain itu, ada pertimbangan yang memberatkan dan meringankan terdakwa.

Yang memberatkan bahwa perbuatan terdakwa mengakibatkan 2 korbannya mengalami luka berat. Pula diketahui ternyata korban adalah keluarganya sendiri, terdakwa juga pernah dihukum. Sedangkan hal yang meringankan terdakwa menyesali perbuatannya. Karena cukup bukti, secara sah dan meyakinkan terdakwa melakukan tindak pidana penganiayaan, sehingga dihukum penjara selama 2 tahun.

“Menetapkan lamanya terdakwa ditahan dikurangi seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan,” kata Majelis Hakim.
Diketahui, kejadian ini terjadi sekitar bulan Oktober 2016 lalu di rumah korban Roni Pasande di Dusun Banua Tonggo, Desa Tongkonan, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu. Dimana terdakwa datang ke rumah korban dengan keadaan mabuk dan korban mengajak terdakwa makan.

Setelah makan, terdakwa lalu melemparkan piring kearah korban. Hal ini membuat korban emosi dan berkelahi dengan terdakwa. Rahman Pakulu yang melerai juga ditebas parang.

Atas perbuatannya tersebut korban Rahman Pakulu mengalami robek dijari tengah tangan kanan, luka terbuka pada pergelangan tangan kanan, luka robek pada lutut kanan dengan panjang sekitar 15 cm. Sedangkan korban Roni Pasande mengalami luka di perut sebelah kanan. (rp1/him)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top