40 Penumpang Jolloro Tenggelam di Takalar – FAJAR sulsel
News

40 Penumpang Jolloro Tenggelam di Takalar

TAKALAR,UPEKS.co.id — Kerja keras tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Takalar bersama Basarnas Makassar dalam melakukan pencarian 40 penumpang, korban tenggelamnya kapal Jolloro sesaat setelah berangkat menuju pulau Tanakeke membuahkan hasil.

Hingga pukul 16.00 Wita, tim BPBD Takalar dan Basarnas telah menemukan 19 orang penumpang dari sekitar 40 penumpang yang tenggelam. Dari 19 penumpang yang ditemukan tersebut, 15 orang dalam keadaan hidup dan 4 orang lainnya sudah dalam keadaan tak bernyawa.

Informasi yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber di lokasi evakuasi para korban, menyebutkan kapal Jolloro yang di nakhodai Dg Ngawing yang sekaligus pemilik kapal mengangkut sekira 40 orang penumpang. Berangkat dari dermaga Takalar Lama sekira pukul 10.50 Wita, dan berselang 20 menit kemudian terdengar kabar kalau Jolloro yang diduga kelebihan muatan tenggelam tak jauh dari muara sungai Lamangkia.

Salah seorang penumpang yang selamat, Dg Bonto menuturkan, Jolloro yang ditumpangi sebenarnya tergolong besar. Namun ombak setinggi 3 meter menggulungnya dan mengakibatkan Jolloro langsung terbalik dan tenggelam.

Sementara itu, Kepala Basarnas Makassar, Amiruddin yang dikonfirmasi mengatakan, laporan mengenai kapal Jolloro yang tenggelam tersebut masuk ke Basarnas Makassar pada pukul 16.30 Wita. Dijelaskannya, jika kapal tersebut memuat puluhan penumpang.

“Sesuai laporan yang masuk, diperkirakan kapal Dg Ngawing memuat penumpang sebanyak 40 orang,” jelasnya.
Menanggapi perihal tersebut, Basarnas Makassar mengerahkan tim rescue yang dilengkapi peralatan pertolongan di air untuk segera menuju lokasi kejadian di muara Lamangkia guna memberikan bantuan.

“KN. SAR Antasena juga segera diluncurkan untuk membantu pencarian, dan saya juga akan menuju ke lokasi luntuk memonitor langsung pergerakan Tim dilapangan. Perkembangan operasi dan data-data korban akan diberitakan selanjutnya,” tutup Amiruddin.(mg1/rif)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top