Lelang Proyek Terhambat – FAJAR sulsel
News

Lelang Proyek Terhambat

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Proses lelang proyek Pemprov Sulsel hingga saat ini belum dimulai. Lelang proyek urung dilakukan lantaran terhambat oleh perubahan aturan serta kendala penyusunan organisasi perangkat daerah (OPD) baru.

Sekprov Sulsel, Abdul Latif menjelaskan, proses lelang untuk sejumlah proyek telat dilakukan lantaran adanya perubahan aturan yang harus disesuaikan.

“Kalau dulu kan bisa tiap-tiap SKPD menyetorkan programnya kemudian dimasukkan proses lelang. Tetapi sekarang, aturan barunya itu harus kolektif. Artinya, harus selesai semua pengajuan dari SKPD, baru dimasukkan sekaligus. Setelah itu baru masuk RUP untuk kemudian di input ke LPSE,” jelasnya, Jumat (3/2/17).

Selain karena aturan baru itu, Latif mengaku, proses pelelangan proyek juga belum bisa dilakukan lantaran penerapan OPD baru. Dimana semua SKPD mengalami perubahan struktur.

“Bagaimana mau cepat proses lelang, kebijakan OPD baru membuat kita harus menyusun strukturnya. Pejabat eselon III dan IV saja baru dilantik, artinya baru dibentuk PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan) untuk program yang akan di lelang,” katanya.

Meski begitu, Latif menegaskan, semua proses pelelangan proyek APBD akan secepatnya dilakukan. Sehingga waktu yang tersita kemarin, bisa segera dikejar. “Insya Allah, semua akan secepatnya kita laksanakan. Lelang proyek harus percepat pengakuannya untuk masuk LPSE,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, meski hingga saat ini belum ada kegiatan lelang proyek yang dilakukan, tetapi setidaknya semua prosesnya sudah mulai berjalan.

Sebab itu, Syahrul meminta semua SKPD untuk meningkatkan kinerja dalam hal mempersiapkan proses pelelangan proyek. “Semua saat ini terus berproses. Kita akan usahakan secepatnya,” tegas Syahrul.

Diketahui, APBD Pokok Sulsel tahun 2017 nilainya mencapai Rp8,9 triliun lebih. Meningkat Rp2 triliun lebih dibandingkan APBD 2016 yang hanya Rp6,8 triliun lebih. Sekitar Rp2,3 triliun lebih diantaranya merupakan belanja langsung.(eky/rif)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top