OJK Rancang Model Pembiayaan Petani – FAJAR sulsel
News

OJK Rancang Model Pembiayaan Petani

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Rencananya, OJK akan menciptakan model-model pembiayaan baru. Karena karakteristik sektor-sektor pembiayaan itu berbeda, maka mesti diciptakan satu pendekatan untuk seluruh persoalan, khususnya pada persoalan pembiayaan di sektor pertanian.

Model-model pembiayaan yang direncanakan itu ditargetkan mempermudah kredit untuk petani. Sehingga akses pembiayaan untuk petani lebih mudah.

“Karena tidak bisa juga petani maju sendiri. Apalagi petani di pelosok, disuruh berhubungan dengan bank sendiri, mana bisa. Maka dari itu mereka akan dibantu,” ujar Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad saat dimintai keterangan dalam acara peresmian kantor OJK Regional 6 di Makassar, Kamis (2/2/17).

Untuk menyukseskan model pembiayaan baru itu, OJK akan bersama-sama dengan lembaga keuangan untuk membuatnya agar bersifat holistik, dan melibatkan berbagai macam peran serta lembaga keuangan. Jadi tidak hanya melibatkan bank, tapi jaminan, asuransi, pentura, supaya mereka bisa saling bersinergi.

Tentu saja tidak cukup kalau hanya jasa keuangan saja. Muliaman menyebutkan OJK juga meminta dukungan dari pemerintah daerah, dan dukungan para pengusaha.

“Agar tercipta apa yang saya sebut sebagai ekosistem. Jadi kalau ekosistem ini terbentuk, di bank pasti lebih semangat. Nanti kalau ada barang sudah ada yang nampung, bibit untuk petani dijamim bagus, jangan sampai beberapa bibit jelek menunggu lima tahun lantas tidak ada hasilnya,” ujarnya.

Bantuan pembiayaan itu pun sampai pada tahap memberi asuransi buat para petani. Untuk masalah asuransi tersebut, OJK sudah memiliki program asuransi ternak dan asuransi bangkai kapal. Sudah 50.000 lebih ternak diasuransikan oleh OJK. Untuk sementara baru pada sektor sapi yang dikenakan asuransi. Jika kemudian sapinya bermasalah, bank tidak rugi karena ada asuransi yang menjaminnya. Tahap-tahap seperti ini yang akan diciptakan supaya bank bisa bersemangat.

“Jadi kita harapkan model pembiayaan yang memungkinkan semua pihak bisa ikut serta. Bank jadi bisa bersemangat, petani bisa mudah aksesnya ke pembiayaan itu yang kita mau ciptakan,” ujar Muliaman. (mg3/suk)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top