Pemilihan Ketua RT/RW Munculkan Calon Wanita – FAJAR sulsel
News

Pemilihan Ketua RT/RW Munculkan Calon Wanita

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) yang akan dilaksanakan secara serentak di Kota Makassar, 26 Februari mendatang, bakal memunculkan banyak calon tunggal, dan calon wanita. Keadaan tersebut diungkpakan sejumlah camat.

Camat Ujung Tanah, Andi Unru mengatakan, pemilihan RT dan RW di wilayahnya bakal banyak aklamsi lantaran hanya satu calon yang mengajukan diri.

“Ini karena, beberapa RT/RW masih mengutamakan unsur ketokohan,” ujar Andi Unru. Camat Mamajang, Fadli Wellang dan Camat Makassar, Ruly juga menyebut fenomena aklamsi bakal terjadi di wilayahnya.

Menurut Ruly, pada kecamatannya kepercayaan masyarakat terhadap satu tokoh masih tinggi. “Jadi, sepertinya untuk banyak calon sangat susah,” bebernya.

Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Makassar, M Iskandar Lewa menegaskan, sangat memungkinkan pemilihan RT/RW aklamasi setelah melalui rapat musyawarah yang ditetapkan lurah. “Penetapan secara aklamasi jika dihadiri pengurus LPM, Lurah, dan tokoh-tokoh masyarakat,” katanya.

Sementara itu di Kelurahan Tamalanrea, dan Kelurahan Buntusu (pecahan kelurahan Tamalanrea), justeru banyak calon ketua ORT dari kalangan ibu-ibu.

Seperti yang diungkapkan, Lurah Tamalanrea, H Aminuddin Amin, dari beberapa calon ketua ORT dan ORW di kelurahannya, setiap RT di kelurahannya ada dua calon dari kaum hawa. Ini membuktikan kaum hawa sudah mulai berpartisipasi ikut jadi calon ketua ORT dan ORW. (met/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top