Proyek Berlanjut tak Melalui Tender – FAJAR sulsel
News

Proyek Berlanjut tak Melalui Tender

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Proyek yang berasal dari APBD 2016 masih berlanjut pada 2017 ini. Proyek masih berlangsung tersebut, namun tidak melalui proses tender terlebih dahulu.

Proyek tersebut, meliputi pembangunan trotoar atau pedestrian Jl Nusantara Baru yang menelan anggaran Rp6,84 miliar, Jl Nusantara Rp12,18 miliar, Jl Ujung dan Pandang Rp6,2 miliar. Selain pembangunan pedestrian, ada juga kegiatan pembangunan jalan.

Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PU Makassar, Tajuddin Bedu mengaku, pembangunan jalan yang masih berlangsung berada di ruas Jl Andalas.

“Proyek ini masih dalam perpanjangan waktu pelaksanaan,” kata Tajuddin, Jumat (3/2/2017).

Tajuddin menerangkan, kegiatan pembangunan pedestrian dan jalan mendapat perpanjangan waktu pelaksanaan selama 50 hari kelender. Penambahan waktu berakhir sekitar pertengahan Februari ini.

Perpanjangan waktu yang diberikan disertai dengan denda kepada setiap rekanan. Denda yang dikenakan per hari tersebut sebesar satu per seribu dikali sisa anggaran pengerjaan.

Tambahan waktu, katanya, diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) no 5/2015 sebagai perubahan Perpres no 54/2010 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah.

“Pekerjaan juga terhambat karena hujan terus, rekanan minta kebijakan karena tidak bisa kerja,” katanya.

Rekanan, lanjut Tajuddin, menyurat ke Dinas PU Makassar untuk meminta kebijakan. Karena itu, Tajuddin akan berkonsultasi ke BPK terkait perihal tersebut.

Dia menambahkan, progres proyek pedestrian berkisar 90% sejauh ini. Sedangkan pembangunan jalan bisa selesai dalam sehari jika tidak hujan.

Senada, pekerjaan infrastruktur tersebut dapat diperpanjang hingga 50 hari sesuai perpres. Di mana, setiap pembangunan pedestrian dikerjakan rekanan yang berbeda-beda.

“Memang ada diberikan perpanjangan waktu, aturannya sesuai perpres,” kata Darlis, Kasi pembangunan jalan dan jembatan PU Makassar. (rul/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top