Bupati Maros Resmikan Pesantren Syamsu Nur – FAJAR sulsel
News

Bupati Maros Resmikan Pesantren Syamsu Nur

MAROS, UPEKS.co.id — Bupati Kabupaten Maros HM Hatta Rahman meresmikan pesantren dan masjid An Nur di Dusun Polewali, Desa Benteng Gajah, Kecamatan Tompobulu, Minggu (5/2) kemarin. Pesantren ini merupakan milik Yayasan Pesantren Haji Muhammad Nur.

Dalam peresmian itu hadir pendiri Yayasan Pesantren H Muhammad Nur, H Syamsu Nur, Ketua DPRD Maros, HAS Chaidir Syam, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulsel, Abdul wahid Thahir serta ratusan warga sekitar.

Prosesi peresmian diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran yang dibacakan oleh santri pesantren An Nur. Dalam sambutannya, pendiri Yayasan Pesantren H Muhammad Nur, H Syamsu Nur mengaku cita-cita mendirikan pesantren inj sudah lama.

Dirinya ingin meneruskan pengabdian orang tuanya yang dulu adalah seorang pendidik. Syamsu Nur menceritakan, dulu ayahnya pernah menjadi penilik atau pengawas sekolah di Tompobulu dan Camba.

“Kami ingat orang tua kami yang masa hidupnya dihabiskan dengan mengabdi. Bahkan selama hidupnya ia membangun pesantren, masjid dan madrasah. Olehnya itu semangat ini yang ingin kami abadikan dan meneruskan perjuangan orang tua kami. Makanya kami berpikir bagaimana bisa memberikan sumbangsih positif dengan membangun pesantren,” bebernya.

Sebagai tahap awal kata dia, pihaknya sudah menyelesaikan pembangunan pesantren dengan kapasitas 30 santri dan masjid dengan kapasitas 150 jamaah.

“Santri ini merupakan anak-anak yang berasal dari daerah sekitar pesantren yang masih sekolah di sekolah umum. Setelah pulang dari sekolah, santri mulai masuk pesantren hingga usai Salat Isya,” katanya.

“Karena masih baru, pesantren ini baru memiliki satu program yakni tahfiz quran. Kedepan pihaknya akan mendirikan sekolah yang sepenuhnya santri tinggal di pesantren,” sambung Syamsu.

Kedepan, Syamsu Nur berencana menambah asrama menjadi kapasitas 100 orang santri. “Kita punya lahan 1,7 ha. Yang dipakai baru setengah hektar. Jadi masih akan dikembangkan,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Maros, HM Hatta Rahman mengapresiasi kehadiran pesantren An Nur di Tompobulu ini. Dia juga mengimbau bagi Dinas Pendidikan agar siswa yang sepulang sekolah bisa memanfaatkan waktunya dipesantren ini agar anak-anak bisa lebih dibentengi dengan akhlak quran.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU antara Pemkab Maros dalam hal ini Dinas Pendidikan dengan pihak yayasan untuk kegiatan tahfiz usai sekolah.

Hatta juga berjanji akan membeton jalan masuk yang kondisinya masih becek dan akan membangun gedung pembelajaran. “Kita akan support terus pesantren ini dan berharap masyarakat memanfaatkan keberadaan pesantren ini dengan mengikutkan anaknya belajar agama sepulang sekolah,” pungkas Hatta. (alf/mah)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top