Cegah Kanker dengan CERDIK – FAJAR sulsel
News

Cegah Kanker dengan CERDIK

JAKARTA — Bulan Februari setiap tahunnya diperingati sebagai bulan Kanker Sedunia. Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit terus mengingatkan masyarakat untuk waspada dan deteksi dini munculnya gejala kanker.

Saat ini setidaknya menurut data WHO 2013, ada 8,2 juta jiwa yang meninggal setiap tahunnya akibat kanker. Angka ini terus meningkat dari sebelumnya 7,6 juta pada tahun 2008, lalu. Dan diperkirakan menjadi 11,5 juta jiwa pada tahun 2025 jika tidak mendapat penanganan, pencegahan, dan pengendalian.

Terus bagaimana dengan situasi penderita kanker di Indonesia? Dijelaskan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dr. M. Subuh, MPPM, kalau saat ini masih cukup tinggi. Berdasarkan Riskesdas 2013, prevelensi kanker adalah 1,4 per 1.000 penduduk atau sekitar 347 ribu orang.

Penderita kanker tertinggi diderita perempuan, meliputi kanker payudara dan leher rahim. Sedangkan bagi laki-laki adalah kanker paru-paru dan kanker kolorektal. Berdasarkan data sistem informasi RS 2010, kasus rawat inap kanker payudara 12.014 kasus (28,7 persen), kanker leher rahim 5.349 kasus (12,8 persen).

“Peringatan Hari Kanker ini bagaimana kita mengevaluasi dan mengingat kalau beberapa penyakit tidak menular justru mejadi paling banyak yang menyebabkan kematian. Kanker menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan kematian. Kanker ini Ini bagaikan fenomena gunung es. Dengan tema kita bisa, dapat menginspirasi dan bertindak, dapat mencegah kanker,” Subuh dalam temu media memperingati Hari Kanker Sedunia, Rabu 1 Februari 2017 di Kantor Kemenkes, Jakarta.

Dari data BPJS, uang yang dikeluarkan selama 2014 untuk membiayai penyakit kanker sebesar Rp1,5 Triliun, dan ditahun 2015 meningkat menjadi Rp2,2 Triliun.

Adapun “roadmap” penanganan kanker di Indonesia dikatakan Subuh adalah semaksimal mungkin deteksi dini. Kedua meningkatkan kualitas hidup penderita kanker, dan Ketiga, menurunkan angka kematian akibat kanker.

“Program pengendalian kanker melalui promotof dan preventif serta menerapkan perilaku CERDIK, yakni cek kondisi kesehatan, enyahkan asap rokok, rajin beraktivitas, diet sehat, istirahat cukup, dan kendalikan stres,” sebutnya. (idr/fmc)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top