Ide Bhabinkamtibmas Mappedeceng – FAJAR sulsel
News

Ide Bhabinkamtibmas Mappedeceng

* Turnamen GOJUKAI Lutra Ciptakan Anak Muda Berprestasi dan Terhindar dari Obat Terlarang

MASAMBA— Turnamen karate GOJUKAI Lutra se Sulselbar yang dihelat di SMAN 1 Mappedeceng pada 9 Februari 2017 mendatang, merupakan ide dari Bhabinkamtibmas Mappedeceng, Brigjen Polisi (Brigpol) Listan Enga.

Atas koordinasi dengan anggota DPRD Lutra Karemuddin SAg bersama para senior Gojukai se Luwu Raya, salah satunya Sensei Yansen Laa tingkatan Karate DAN IV IKGA yg dipercayakannya sebagai ketua panitia pelaksana.

Brigadir Listan adalah pelatih Gojukai penyandang tingkatan karate DAN II Gojuryu yang saat ini pula melatih diperguruan karate Gojukai yang didirikannya di Mappedeceng sejak 4 tahun silam, tepat berdirinya ditahun 2013 lalu.

Salah satu tujuannya pula mengadakan turnamen ini agar kehadiran karate ini untuk menggalang anak muda agar karakternya berubah, dari yang dulunya nakal, hingga tidak nakal. Agar menjauhi miras, menghindari rokok, narkoba dan sebagainya.

Intinya kenakalan remaja semakin berkurang. Juga memperbaiki generasi muda untuk menjadi tongkat generasi kedepannya. Serta mendidik anak-anak muda untuk meraih prestasi dan perubahan karakter, ujarnya saat ditemui Palopo Pos Minggu 5 Februari 2017 kemarin.

Saat ini, dirinya aktif melatih Gojukai di SMA 1 Mappedeceng, dengan jumlah murid 50 orang lebih, terdiri dari siswa SD, SMP dan SMA atau sederajat. Ia mengaku sejak kehadiran karate di daerahnya, kenakalan remaja turun secara perlahan, dari presentase 100 persen menjadi 40 persen, rincinya. Brigadir Listan Enga dulunya seorang karateka GoJukai, masuk di kepolisian RI pula karena berprestasi di GoJukai.

Setelah melatih puluhan siswa, tentu sudah banyak menciptakan karateka yang berprestasi. Beberapa diantaranya adalah Hamdan Alamsyah, yang saat ini duduk dikelas IX SMPN 1 Mappedeceng. Pernah meraih juara 1 turnamen karate kategori Kata O2SN di Masamba 2016, juara 1 kategori Kata Kejuaraan Forki Palopo tahun 2016. Juara 1 kategori Kata Kejuaraan Forki Palopo 2015. Juara 1 kategori Kata Kejuaraan Forki Lutra tahun 2016.

Juga ada Muhammad Bagus, siswa kelas XI SMA 1 Mappedeceng. Pernah meraih juara 1 kategori Kata turnamen karate tingkat SMA Forki Palopo 2015. Juara 2 kategori Kata Forki Lutra 2016, dan juara 1 kategori Kata O2SN tingkat SMP di Masamba.

Serta, putrinya sendiri Nafa Fadila Listan, ernah meraih juara satu turnamen karate kategori Kata Forki Palopo pada tahun 2015. Juara 1 kategori Komite Kejuaraan karate Forki Palopo tahun 2015.

Juara 1 Kategori Kata Kejuaraan karate Forki Lutra 2016 se Luwu Raya. Juara 1 Kategori Kata Komite O2SN mewakili Lutra di Makassar , berturut turut tahun 2015 dan 2016. Dan juara 1 Kategori Kata pada turnamen karate Perebutan Piala Sensei Hansen di Luwu Utara tahun 2014. Dan masih ada banyak karateka berprestasi lainnya yang belum sempat disebutkan. (mg1/ikh)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top