Judas Jalan Kaki Tinjau Jalan Lingkar Barat – FAJAR sulsel
News

Judas Jalan Kaki Tinjau Jalan Lingkar Barat

-Sepanjang 6 Km

PALOPO — Untuk mengurai kemacetan yang terjadi di Kota Palopo, Wali Kota Palopo, Drs HM Judas Amir, MH membuka akses jalan baru di wilayah barat.

Peninjauan pengerjaan jalan lingkar barat ini dilakukan Minggu, 5 Februari 2017. Dimulai sejak pukul 09.00 Wita hingga pukul 14.00 Wita. Wali Kota memanfaatkan akhir pekan dengan meninjau pengerjaan proyek jalan lingkar barat.

Orang nomor satu di Kota Palopo ini dengan tak kenal lelah berjalan kaki menyusuri jalan perintisan jalan tersebut.

Dimana jalan baru yang dibangun diatas gunung tersebut melalui medan yang mendaki dan turunan yang curam, terlebih lagi kontur tanah pada sisi jalan yang masih labil.
Pada peninjauan tersebut, Wali Kota didampingi Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), Farid Kasim Judas, Kadis PU dan Penataan Ruang, Antonius Dengen, Inspektur Inspektorat, H Samil Ilyas, dan Staf Ahli, HM Suyuti Yusuf, dan Kasubag protokol Wahyuddin.
Di sela-sela peninjauan tersebut, Wali Kota meminta kepada pihak terkait agar tetap memperhatikan hal-hal yang mendasar pada pengerjaan proyek tersebut, seperti pembangunan jembatan, aliran dan jalan air serta tanaman/pohon yang bisa mencegah terjadinya longsor nantinya.

“Upayakan secepatnya jalan ini dimanfaatkan masyarakat sebagai jalan alternatif bagi masyarakat yang tidak ingin lewat via kota,” ungkap mantan Legislator Luwu ini.
Sementara itu, Kadis PU dan Penataan Ruang, Antonius Dengen kepada Palopo Pos mengungkapkan, jalan lingkar barat ini masih dalam proses pengerjaan perintisan jalan, yang mana nantinya akan mengurai kemacetan di Kota Palopo.

”Ini adalah ide brilian dari Pak Wali, kami dari SKPD terkait hanya mengimplementasikannya,” ujar Antonius Dengen kemarin.
Mantan Kepala PSDA Luwu ini menyebutkan, pengerjaan jalan lingkar barat sendiri merupakan jalan di pegunungan, dari Kelurahan Lebang Kecamatan Wara Barat, melewati wilayah Kecamatan Wara Utara dan tembus tepat belakang RSUD Sawergading Rampoang, Kecamatan Bara Kota Palopo.

Dimana, sebutnya panjangnya berkisar 6 Km dan lebar 20 meter. Dan anggarannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2016 berkisar Rp5 Miliar lebih.

”Saat ini prosesnya masih perintisan jalan setelah itu pengerasan jalan,” sebutnya.
Saat ditanya kapan pengerjaan jalan rampung dan bisa dilalui, Antonius menggaransi pertengahan tahun 2017 jalan tersebut sudah bisa dilalui.

”Semoga pertengahan tahun nantinya jalan tersebut sudah bisa dilalui dan akan tembus dengan jalan lingkar timur,” tandasnya.(rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top