Kadispenda Evaluasi Objek Pajak – FAJAR sulsel
News

Kadispenda Evaluasi Objek Pajak

KOLAKA,UPEKS.co.id — Kadis Pendapatan Daerah (Kadispenda) Kolaka, H Muh Ismail evaluasi semua obyek pajak dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Untuk itu, kata Ismail, terdapat 10 obyek pajak yang bisa dipungut Pemda Kolaka untuk memasukkan PAD Kolaka. Diantaranya pajak perhotelan dan restoran.

Sementara itu, untuk retribusi, seperti bidang pelayanan di rumah sakit, retribusi perparkiran dan retribusi dalam bidang perhubungan darat dan laut.

Selain itu, lanjutnya, terkait Pajak Bumi dan Bangunan(PBB), juga sementara dievaluasi di lapangan. Menurutnya banyak tanah warga belum didaftar sehingga tidak bisa dikenakan pajak.

“Jadi obyek itu juga kami sementara evaluasi di lapangan, kalau semua tanah masyarakat diinventarisir, maka tentunya pemasukan pajak dari sektor PBB bisa meningkat,” ujar Ismail.

Untuk itu dia berharap semua petugas di lapangan bisa bersinergi pemerintah kecamatan, lurah dan desa dalam melakukan inventarisir semua obyek obyek pajak khususnya tanah yang dimiliki warga.

Begitupun halnya menyangkut Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) juga perlu dilakukan evaluasi karena sudah tidak sesuai kondisi saat ini.

Ismail mencontohkan, di Jl Paramuka, penjulan tanah per meter itu harganya per meter sudah mencapai jutaan rupiah. Itu memerlukan waktu dalam membenahi semua di lapangan tentunya didukung regulasi,” kata Ismail, mantan Asisten III Setda Kolaka. (pil/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top