Kelas Jauh SDN 110 Memperihatinkan – FAJAR sulsel
News

Kelas Jauh SDN 110 Memperihatinkan

BURAU–Meningkatkan mutu pendidikan khsusnya di Kabupaten Luwu Timur (Lutim), harus ditunjang dengan sarana dan prasarana.

Di Lutim tepatnya di Kecamatan Burau, Desa Asana, Dusun Sanggona, terdapat salah satu kelas jauh dari SDN 110 Asana. Hanya saja, kelas jauh SDN 110 Asana tersebut kondisinya sangat memperihatinkan. Dua RKB yang dibangun secara swadaya oleh warga, kini tak layak lagi dihuni.

RKB tersebut beratap rumbia, berdinding bambu, kemudian lantainya tanah.
Kelas tersebut saat ini menampung siswa sebanyak kurang lebih 17 orang, mulai dari kelas 1-kelas 3 kemudian melanjutkan pendidikan dibangku kelas 4 di sekolah induk.

Demikian diungkapkan, Kades Asana, Rusdin kepada Palopo Pos, Sabtu, 4 Februari 2017.
Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pendidikan, tidak dapat berbuat banyak terkait bangunan kelas jauh sekolah tersebut. Pasalnya, lahan atau lokasinya masuk dalam kawasan Hutan Produksi.

“Kami hanya bisa berharap pemerintah daerah agar segera mungkin mengupayakan pembebasan lahan di dusun Sanggona,” harapnya.

Jumlah penduduk di wilayah Dusun Sanggona sebanyak 47 KK, sementara jarak tempuh dari ibu kota Desa Asana ke Dusun Sanggona sejauh 4 km dengan kondisi jalan berkerikil dan berbatu serta becek.

“Ini yang menjadi pekerjaan rumah bagi kami selaku pemerintah desa, maupun kabupaten,” pungkasnya.(mg10/ded)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top