Legislator Desak Pemkab Tator Rayu Garuda Indonesia – FAJAR sulsel
News

Legislator Desak Pemkab Tator Rayu Garuda Indonesia

MAKALE – Akses menuju Toraja masih dikeluhkan wisatawan selama ini. Itu pula yang membuat tingkat kunjungan sulit melonjak secara drastis. Bayangkan saja, wisatawan dari Makassar butuh waktu delapan jam perjalanan.

Anggota DPRD Tana Toraja Nico N Mangera menyarankan pemerintah setempat agar meminta bantuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Menurutnya, Kemenhub bisa diminta tolong untuk melobi Garuda Indonesia agar mau melayani penerbangan ke Toraja.

Jika itu dapat dilakukan, lanjutnya, maka dapat dipastikan wisatawan dari sejumlah daerah di Indonesia bisa dengan mudah ke Toraja. Misalnya, turis dari Bali, Manado, atau bahkan yang langsung dari luar negeri.

Menurut Nico Mangera, untuk sementara Bandara Pongtiku yang memiliki runway 1300 meter sudah cukup untuk pesawat ATR 42. Dia yakin pesawat jenis itu bisa diadakan oleh Garuda jika ada permintaan dari Kementerian Perhubungan.

Kalau menunggu selesainya Bandara Buntu Kuni di Mengkendek, butuh waktu lama. “Saya kira jika pemerintah pusat melalui Kemenhub minta Garuda terbang ke Toraja, maka saya yakin pariwisata Toraja langsung berkembang dengan jumlah wisatawan yang melonjak,” katanya Sabtu (4/2/2017). (fjr)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top