Mahasiswa UIM Belajar Ciptakan Produk Kreatif – FAJAR sulsel
News

Mahasiswa UIM Belajar Ciptakan Produk Kreatif

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Fakultas Pertanian Universitas Islam Makassar (UIM) menggelar seminar nasional. Bertempat di auditorium KH. Muhyiddin Zain, mulai tanggal 2-4 Februari 2017.

Seminar nasional kerjasama Dewan Pengurus Wilayah V Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian UIM yang mengangkat tema Ekonomi Kreatif dan Minat Kaum Muda dalam Sektor Pertanian.

Tampil sebagai pemateri yakni, Ketua Prodi Agroindustri, Dosen Luarbiasa UIM dan Praktisi Ekonomi Kreatif, Zulfitriany D. Mustaka, SP. MP, Ketua Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UIM, Dr. Andi Kasirang dan dosen UGM, Dr. H. Boyke Setiawan Soeratin, SP. MM, Agr.

Dalam seminar tersebut, Zulfitriany memaparkan trik menembus pasar global melalui ekonomi kreatif.
Yakni, trik menciptakan produk yang mampu memenuhi tuntutan masyarakat global dari aspek estetika, kesehatan dan prestise.

Sebab, customer yang dihadapi sekarang adalah masyarakat yang telah teraktualisasi, yaitu kelompok masytakat yang tidak lagi memandang produk dari satu sisi. Misalnya makanan, masyarakat tidak lagi melihat harganya namun cenderung memilih karena, estetika, manfaat kesehatan atau brand gengsi yang mengawal.

Saat ini, kata dia, kuliner lezat tidak menjamin laku keras dipasar, namun harus dikemas sedemikian rupa sehingga memberi nilai estetika atau dikemas dengan manfaat pengobatannya. Selfie depan makanan, selfie ditaman indoor acara pernikahan adalah pola hidup saat ini.

“Pada pesta-pesta hidangan mulai dinomorduakan oleh tamu, namun desain interior yang akan menjadi perhatian,” paparnya.
Sedangkan Andi Kasirang selaku ketua Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UIM lebih menekankan pada peran pemuda khususnya mahasiswa Pertanian dalam menggerakkan ekonomi kreatif.

Sementara Dr. H. Boyke Setiawan Soeratin, SP. MM, Agr, yang juga ketua bidang kewirausahaan dan pengabdian dalam Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia mengemukakan mengenai pentingnya membangun jiwa kewirausahaan sejak mahasiswa. Salah satunya, bagaimana mengambil peran membangun perekonomian bangsa melalui ekonomi kreatif.

Pada kesempatan itu juga, Zulfitriany selaku koordinator mata kuliah kewirausahaan Prodi Agroindustri mengikutkan 87 mahasiswanya dalam seminar yang dihadiri 300 peserta dari 11 univrsitas tersebut.”Saya berharap, seminar ini akan menstimulus lahirnya ide-ide usaha kreatif mahasiswa, sehingga diakhir semester setiap mahasiswa sudah mampu menghasilkan ide produk kewirausahaan,” ungkapnya via Whatsapp, Sabtu (4/2/17).(mg1/rif)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top