Patelki Sulsel Genjot Sertifikasi Anggota ATLM – FAJAR sulsel
News

Patelki Sulsel Genjot Sertifikasi Anggota ATLM

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Peran organisasi profesi diharapkan mengembangkan kegiatan-kegiatan ilmiah guna mendukung peningkatan kompetensi bagi anggota Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM). Era globalisasi merupakan pasar bebas yang memungkinkan setiap negara dapat mengakses informasi dan teknologi bidang kesehatan secara mudah.

Demikian dikemukakan ketua umum DPP Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (Patelki), Entuy Kurniawan dalam Rakerwil VIII DPW Patelki Sulsel yang dirangkaikan seminar ilmiah dengan tema “Pengembangan Uji Kompetensi bagi ATLM di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”, digedung Phinisi UNM, Sabtu (4/2/17).

Menurut Entuy, globalisasi pasar kerja akan lebih banyak diwarnai persaingan kualitas dan profesionalisme tenaga. Akibatnya, segmentasi pasar kerja akan bergeser dari pendekatan wilayah ke pendekatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai kompetensi.

Ketua DPW Patelki Sulsel, Muh. Idris Mone menambahkan, seorang tenaga kesehatan harus benar-benar teruji kompetensinya melalui uji kompetensi yang dilaksanakan oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) sesuai Permenkes RI Nomor 1796/Menkes/Per/VIII/2011 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan.

Sementara itu, ketua panitia Rakerwil VIII DPW Patelki Sulsel, Joko Widodo menuturkan, dalam hal tantangan global khususnya MEA, uji kompetensi bagi ATLM merupakan bagian dari upaya standarisasi registrasi dan izin praktik bagi tenaga kesehatan dalam hal ini laboratorium klinik yang akan memberikan pelayanan kesehatan di Indonesia.

“Jumlah ATLM di Sulsel saat ini kurang lebih 10 ribuan, yang sudah tersertifikasi baru 2000-an. Makanya, ini yang sedang kita genjot. Agar seluruh ATLM Patelki bisa tersertifikasi secepatnya,” ungkapnya.Dalam Rakerwil tersebut, lanjut dia, juga dilakukan pelantikan pengurus DPC Patelki Kota Makassar dan Kabupaten periode 2017-2021.

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top