Satpol Selamatkan Anak-anak dari Gencetan Massa – FAJAR sulsel
News

Satpol Selamatkan Anak-anak dari Gencetan Massa

* Belopa Jadi Lautan Manusia, Evi Masamba Jadi Magnet di Luwu Expo

Kota Belopa benar-benar jadi lautan manusia. Ke lapangan Andi Djemma, para ibu membawa serta anaknya, untuk menyaksikan aksi panggung artis asal Malangke yang akrab disapa Evi Masamba. Ia jadi mangnet di Luwu Expo malam itu. Sampai-sampai anggota Satpol-PP ke tengah lapangan untuk menyelamatkan anak-anak dari gencetan massa.

Kemeriahan ini, masih dari rangkaian memperingati Hari Jadi Tana Luwu ke-749 dan Hari Jadi Ibukota Belopa ke-11. Pemerintah Kabupaten Luwu menggelar panggung hiburan rakyat di arena pameran Luwu Expo. Menghadirkan jawara D’Academy musim kedua tahun 2015. Evi Masamba yang tampil bersama Bupati Luwu HA Mudzakkar, Jumat 3 Februari 2017, di ajang Luwu Expo.

Penampilan Evi Masamba betul-betul menyedot perhatian masyarakat Luwu Raya dan beberapa daerah tetangga seperti Wajo dan Tana Toraja.

Dari pantauan harian Palopo Pos, arena pameran Luwu Expo penuh sesak dan menjadi lautan manusia yang ingin menyaksikan penampilan Evi Masamba di panggung utama lokasi pameran Luwu Expo lapangan Andi Djemma Belopa.

Bahkan, malam itu, massa yang ingin melihat dari dekat Evi Masamba meluber hingga ke jalan poros Trans Sulawesi dan jalur dua Belopa dalam radius 1 km dari arena Luwu Expo.

“Saya masuk ke arena Luwu Expo ini untuk memantau pergerakan massa yang ingin melihat Evi Masamba. Ternyata, saya harus berjalan kaki jauh sekali untuk tiba di lokasi pameran Luwu Expo, disebabkan saya memarkir kendaraan dinas saya di sekitar taman makam pahlawan di jalur II Belopa, lantaran sudah tidak ada tempat parkir lagi di sekitar lapangan Andi Djemma,” ungkap Ketua Panitia Hari Jadi Tana Luwu, Drs Ridwan Tumba Lolo, M.Si.

Massa Luwu Expo sejak sore hari sudah berdatangan dan menunggu kehadiran Evi Masamba di lokasi tersebut. Namun, Evi Masamba baru tiba di lokasi sekitar pukul 21:00 WITA. Ia tidak melewati pintu gerbang pameran Luwu Expo, melainkan lewat belakang panggung utama lantaran ribuan massa sudah penuh sesak di lokasi pintu gerbang menunggu kedatangan Evi dengan handphone kamera pengunjung dalam posisi on untuk memotretnya.

Di depan panggung utama, anak-anak, kaum perempuan remaja, dewasa, orang tua dan yang berusia lanjut sudah menunggu aksi pentas Evi Masamba di panggung. Hal ini membuat Satpol-PP dan aparat kepolisian kewalahan menjaga massa yang berdesakan, sehingga banyak balita dan anak-anak terpaksa diambil dari gendongan orang tuanya untuk diamankan petugas dengan cara diangkat masuk ke balik pagar pemisah.

“Ada sekitar seratusan anak-anak yang harus kami ambil paksa dari orang tuanya dan kami angkat masuk ke dalam pagar pemisah demi menghindari mereka tergencet karena padatnya massa yang ingin melihat penampilan Evi Mamsamba bersama Bupati Luwu,” ungkap Sekretaris Dinas Satpol PP Luwu, Andi Iskandar S.Sos.

Di saat massa sulit ditenangkan, pada saat Evi Masamba sudah tampil di panggung utama, Bupati Luwu HA Mudzakkar langsung naik ke panggung untuk menenangkan massa dan langsung berduet dengan Evi Masamba melantunkan lagu dengan berjudul Kisah Pujangga dan langung disambut meriah penonton.

Evi Masamba, kepada harian ini, mengatakan usai membawakan sejumlah lagu di panggung utama Luwu Expo, ia takjub dengan pelaksanaan Luwu Expo di Kabupaten Luwu dan sama sekali tidak menyangka pendukung dirinya begitu meluber di arena Luwu Expo.

“Ini semuami yang dukungka, waktu saya mengikuti audisi D’Academy di Indosiar lewat SMS. Sungguh luar biasa kehadiran mereka di arena Luwu Expo ini. Saya tidak menyangka kehadiran pendukung saya sebanyak ini,” kata Evi Masamba yang bernama lengkap Evi Angraini ini.

Kabag Ops Polres Luwu, Kompol Herman Paral SH, mengatakan, tidak kurang dari 50 ribuan massa yang memadati arena pameran Luwu Expo saat Evi Masamba tampil di panggung utama. “Masyarakat Kabupaten Luwu dari seluruh penjuru berbondong-bondong ke arena Luwu Expo.

Bahkan, banyak masyarakat dari Luwu Timur, Luwu Utara, Palopo, Wajo, dan Tana Toraja yang ikut hadir di lokasi pameran Luwu Expo. Kami bersyukur acara ini berlangsung tanpa ada insiden yang berarti. Memang banyak puluhan anak yang terpisah dari orang tuanya, tetapi semua diamankan petugas dan tetap bisa berkumpul kembali usai acara ini,” kata Herman Paral.(and/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top