Tahun Infrastruktur, Pemkot Mengecewakan – FAJAR sulsel
News

Tahun Infrastruktur, Pemkot Mengecewakan

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menetapkan tahun infrastruktur pada tahun 2016 lalu. Ironisnya, sejumlah hasil proyek masih mengecewakan.

Misalkan, pembangunan Puskesmas Maradekayya di Jl Sungai Saddang Baru Lr 5 No 27, Kelurahan Bara-Baraya Kecamatan Makassar.

“Banyak celah, banyak kekurangannya ini bangunan. Cuma ini yang banyak masalahnya, pembangunan puskesmas yang lain tidak ada masalahnya yang didengar,” kata Minggus, seorang warga yang ditunjuk menjaga Puskesmas Maradekayya, Minggu (5/2/2017).

Minggus menuturkan, air hujan masuk ke lantai satu puskesmas, air hujan juga merembes ke plafon dan tembok. Sebagian plafon pun ada yang jatuh. Bahkan, beberapa ruangan tidak difungsikan karena petugas khawatir plafon akan jatuh.

Sesuai pantauan, bangunan berlantai dua tersebut memiliki teras tanpa keramik. Teras tidak tertutup dengan kanopi.
Bagian dalam puskesmas tidak luput dari pantauan. Pada plafon nampak bercak-bercak yang berwarna agak hitam. Bercak itu, kata Minggus, disebabkan air hujan.

“Plafon yang jatuh sudah diganti sekitar Minggu lalu,” terang Minggus.

Ada pula ruangan yang tidak di lantai di bagian belakang. Ruangan itu, kata Minggus, akan dijadikan taman. Lalu, tangga akses ke lantai dua tidak dilengkapi dengan besi pengaman.

“Di lantai dua juga tidak ada pagar pengamannya, bahaya ini. Dulu pernah tanya katanya akan dipasang nanti, kanopi dan tegel juga akan dipasang,” kata Minggus.

Sayangnya, janji rekanan untuk menyelesaikan pekerjaan tidak terwujud. Lanjut Minggus, puskesmas mulai dikerjakan pada 20 September 2016. Pekerjaan berakhir 15 Desember 2016.

Tetapi, ada penambahan waktu pelaksanaan pembangunan. Namun, rekanan tidak pernah datang melanjutkan pekerjaannya.
Pembangunan ini merupakan kewenangan Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar. Kendati demikian, Kepala Dinkes Makassar, Naisyah Tun Azikin belum bisa dikonfirmasi sejauh ini.

Sesuai laman LPSE Kota Makassar, pembangunan Puskesmas Maradekayya menyerap pagu Rp3,9 miliar APBD (DAK) 2016 Pemkot Makassar. Proyek dengan HPS Rp3,03 miliar dimenangkan rekanan PT Atta Pratama. PT Atta Pratama memenangkan tender dengan mengajukan penawaran Rp2,95 miliar. (rul/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top