7 Tips Jaga Area Kewanitaan agar Tetap ‘Muda dan Terawat’ – FAJAR sulsel
Kesehatan

7 Tips Jaga Area Kewanitaan agar Tetap ‘Muda dan Terawat’

FAJAR HEALTH – Setiap wanita wajib menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya, karena seiring bertambahnya usia, area ini tentunya ikut terdampak.

Namun berbeda dengan bagian tubuh lainnya, vag*na tidak dapat diremajakan dengan produk-produk anti-aging yang beredar di pasaran. Sebab itu, tidak sedikit wanita yang mungkin akan mengalami shock melihat perubahan yang terjadi di kemudian hari.

Meski produk anti-aging tidak berlaku padanya, ada beberapa kebiasaan yang bisa anda lakukan untuk menjaganya agar tetap sehat dan muda. Berikut seperti diambil dari The Bored Mind:

1. Jaga kebersihan area pribadi anda
Untuk mencegah timbulnya aroma tak sedap, anda harus membersihkannya dua kali dalam sehari dengan sabun yang mild dan air hangat. Pastikan kebersihan rambut pub*k anda tidak terlewatkan, karena area ini banyak terdapat kelenjar keringat yang dapat menyebabkan bau tak sedap.

2. Rapihkan rambut pub*k
Demi mendapatkan kehigienisan area gen*tal, anda perlu mencukur rambut pub*k secara reguler. Rambut pub*k yang tidak terawat dapat menstimulasi keringat berlebih dan masalah lainnya.

3. Gunakan underwear yang nyaman
Jangan pernah menggunakan underwear berbahan sintetis, pilih yang berbahan katun. Bahan ini membantu sirkulasi udara di area pribadi anda.

4. Ganti underwear anda
Area kewanitaan, adalah tempat favorit bakteri, karenanya mengganti underwear setiap hari dapat membantu anda terhindar dari beberapa jenis penyakit seperti colpitis, cystitis dan infeksi uterine. Pada masa haid, setidaknya ganti celana dalam anda dua kali sehari.

5. Jangan gunakan parfum vag*nal
Menggunakan jenis parfum ini dapat mengganggu keseimbangan pH alami vag*na anda dan menyebabkan infeksi. Yang perlu anda lakukan adalah dengan menjaganya agar tetap bersih dan higienis.

6. Kunjungi ginekolog
Setidaknya kunjungi ginekolog dua kali dalam sehatun meski anda tidak mengalami masalah kesehatan apapun. Ginekolog akan dapat memberikan gambaran tingkat kesehatan alat reproduksi anda ini.

7. Makan banyak buah
Tahukah anda bahwa aroma cairan lubrikasi vag*na anda dapat dipengaruhi dengan konsumsi makanan anda. Pilih buat seperti anggur, apel dan mangga untuk memberikan aroma menyehatkan. Hindari konsumsi bawang putih, bawang merah, makanan pedas dan konsumsi kopi.

(Fajar)

Original Article

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top